Google Segera Lepas Boston Dynamics

By on March 24, 2016
2.Google Segera Lepas Boston Dynamics.2

Perusahaan teknologi raksasa, Google baru – baru ini dikabarkan bahwa mereka berniat untuk melepas Boston Dynamics. Ini adalah anak usaha Google yang fokus di bidang pengembangan teknologi robot. Keputusan Google untuk melepas anak perusahaan ini sepertinya menjadi salah satu pertanda bahwa perusahaan mesin pencari terpopuler itu berniat untuk mundur dari dunia teknologi robotika.

Selama ini perusahaan robotic milik Google tersebut sudah mampu mengembangkan robot humanoid. Robot tersebut memiliki kemampuan kinektik dengan level yang tinggi di kelasnya. Sebenarnya Google tertarik pada perusahaan robotic tersebut saat mereka melihat penampakan video yang diupload ke situs video YouTube.

Pada video itu, diperlihatkan robot empat kaki yang canggih buatan Boston Dynamics. Robot tersebut sudah dapat berjalan dengan seimbang. Bahkan robot itu juga mampu menembus salju. Lebih menariknya lagi, robot itu juga dapat bertahan dengan posisi berdiri ketika ada orang yang memukulnya dengan tongkat hoki. Hal ini tentu saja membuat Google tergiur untuk memilikinya.

Akhirnya pada tahun 2013 silam, Google secara resmi telah mengakuisi perusahaan robotic tersebut. Dalam akuisi itu, setidaknya ada 300 orang teknisi robot yang diserap ke dalam perusahaan Google. Belum lama ini dilansir dari laman Bloomberg, nasib perusahaan robotic tersebut tengah jungkir balik.

Boston Dynamics

Beberapa eksekutif dari induk perusahaan Google, Alphabet diketahui mempunyai strategi baru di mana mereka mengambil keputusan untuk mempertahankan anak perusahaan yang dianggap memiliki potensi menghasilkan keuntungan. Sementara itu sisanya yang dianggap kurang menguntungkan akan dicoret. Sayang sekali, perusahaan robotic ini termasuk salah satu anak perusahaan Google yang dicoret dari daftar.

Tidak dipungkiri bahwa teknilogi robotika dari perusahaan tersebut memang sangat canggih. Tetapi yang menjadi pertimbangan utama adalah robot – robot itu bukanlah produk yang bisa dijual dalam waktu dekat, setidaknya untuk dua tahun ke depan. Jadi Google beranggapan bahwa peluang untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan ini masih cukup lama.

Saat ini sudah ada sejumlah perusahaan yang tertarik untuk mengakuisi Boston Dynamics. Perusahaan tersebut di antaranya adalah Toyota Research Institute. Ini adalah bagian dari Toyota Corporation. Selain Toyota, Amazon juga dikabarkan tertarik untuk memboyong perusahaan ini ke dalam naungan mereka untuk membuat robot di pusat pengelola pesanan di situs toko online mereka.

Sejauh ini, baik Google, Amazon, maupun Toyota masih belum memberikan komentar apa – apa terkait jual beli perusahaan robotic tersebut. Selain itu belum diketahui juga berapa nilai akuisi yang ditawarkan oleh Google untuk melepas perusahaan ini. Yang pasti, dengan teknologi robot canggih yang dimilikinya oleh perusahaan ini, angka akuisi yang ditawarkan oleh Google kemungkinan cukup tinggi. Untuk lebih jelasnya terkait siapa yang akan mendapatkan perusahaan tersebut dan berapa nilai akuisinya, kita tunggu saja informasi resmi dari Google.

Boston Dynamics

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *