Wow Ternyata 85% Apps di BlackBerry World Diseleksi dari Bali

By on July 21, 2013
Wow Ternyata 85 Apps di BlackBerry World Diseleksi dari Bali-2

Blackberry telah meramaikan pasar smartphone di tanah air sejak tahun 2010 silam. Banyak yang mempertanyakan apa kontribusi Blackberry terhadap perekonomian di tanah air. Sampai saat ini Blackberry memang belum berniat untuk memproduksi perangkat Blackberry di Indonesia. Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, Blackberry mengklaim bahwa hal itu tidak bisa dijadikan tolak ukur tentang berapa besar kontribusi mereka di tanah air.

Blackberry juga mengklaim bahwa mereka telah menjadi lebih Indonesia dan nampaknya mereka telah membuktikannya. Namun, tahukah Anda kalau ternyata sebagian besar aplikasi yang ada di Blackberry World itu diseleksi di Bali? Mungkin banyak yang belum mengetahui hal itu, tetapi ini tentu menjadi kabar gembira untuk Indonesia.

Bali Terpilih Sebagai Pusat Verifikasi Game dan Aplikasi Blackberry

Maspiyono Handoyo, Managing Director Blackberry di Indonesia mengatakan bahwa saat ini Blackberry sudah punya kantor cabang di Bali dan Jakarta. Blackberry juga sudah mempekerjakan sebanyak 30 orang tenaga ahli di Jakarta sedangkan di Bali ada 30 tenaga ahli yang bekerja di Denpasar.

Blackberry telah memilih Denpasar sebagai kantor pusat verifikasi game dan aplikasi yang akan dijual di Blackberry App World. Blackberry mengatakan bahwa pemilihan kantor di Denpasar, Bali ini merupakan sebuah wujud investasi Blackberry di Indonesia. Di sana juga nantinya Blackberry akan melakukan beragam aktivitas filtrasi dan grading aplikasi yang akan digunakan untuk perangkat berbasis Blackberry.

Kantor cabang Blackberry di Indonesia, termasuk kantor cabang di Bali juga dipimpin oleh orang Indonesia. Padahal, sebelumnya posisi tersebut diisi oleh utusan kantor Blackberry di Singapura. Saat ini Andi Utomo telah ditunjuk sebagai Direktur Distribusi sedangkan Direktur Hubungan Pemerintah dipercayakan pada Kusuma Lienandjaja.

Blackberry Sudah Lama Melakukan Verifikasi Aplikasi di Denpasar

Wow Ternyata 85 Apps di BlackBerry World Diseleksi dari Bali-1

Walaupun kantor Blackberry yang ada di Denpasar masih belum jadi, ternyata Blackberry sudah lama melakukan verifikasi aplikasi di sana. Namun, hal ini tidak banyak diketahui orang. Hanya beberapa orang tertentu saja yang mengetahuinya, terutama para pengembang aplikasi. Kantor cabang di Bali ini adalah basis kedua Blackberry di Indonesia.

Markas baru Blackberry di Bali ini masih dalam tahap penyelesaian dan diharapkan dapat selesai pada bulan Oktober mendatang. Blackberry juga mengklaim bahwa mereka telah mempunyai lebih dari 1.500 pengembang lokal di tanah air. Lebih dari 4.500 aplikasi yang Anda lihat di Blackberry World ternyata adalah buatan developer dari Indonesia.

Blackberry kelihatannya memang sedang getol untuk mengembangkan potensi para developer lokal. Hal itu juga didukung dengan adanya komunitas developer Blackberry yang sudah aktif di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Malang. Indonesia memang sangat diandalkan oleh Blackberry untuk mengembangkan aplikasi. Buktinya, developer dari Indonesia telah menyumbang sekitar 4.000 aplikasi untuk sistem operasi Blackberry 10 yang masih baru.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *