Windows 8 Cukup Mudah Digunakan

By on May 31, 2013
Windows-8-Cukup-Mudah-Digunakan-2

Pada awal peluncuran Windows 8 memang banyak yang merasa penasaran dengan fitur dan sistem dari produk terbaru Microsoft ini. Namun setelah hadir di tengah-tengah masyarakat, banyak yang mengeluhkan sistem operasi terbaru besutan Microsoft tersebut. Keluhan yang kerap muncul adalah model navigasinya yang berbeda dengan Windows 7. Hal ini menyebabkan banyak pengguna merasa kebingungan dan kesulitan dalam mengoperasikan sistem operasi ini.

Salah satu keluhan yang banyak dikeluhkan adalah tidak adanya tombol start menu. Interface yang muncul saat modern UI ditampilkan di layar juga tampak cukup membingungkan bagi sebagian besar pengguna. Belum lagi kesulitan dalam mematikan komputer. Seperti yang diketahui, cara mematikan Windows 8 memang agak sedikit berbeda. Bagi mereka yang belum tahu, hal ini terasa cukup merepotkan. Namun setelah mereka menemukan caranya, sebenarnya hal ini cukup mudah dilakukan.

Jason Lim Menepis Anggapan Pesimistis para Pengguna Komputer

Meski banyak yang menilai bahwa Windows 8 sulit untuk dioperasikan, Jason Lim selaku Presiden Direktur Acer Indonesia menepis anggapan tersebut. Menurutnya Windows 8 mudah digunakan. Bahkan pengguna pemula juga dapat menggunakan sistem operasi ini dengan sangat mudah.

Dalam beberapa hal Windows 8 sebenarnya memang jauh lebih mudah. Pengguna juga tidak perlu dipusingkan dengan beberapa konfigurasi manual. Bahkan beberapa aplikasi bawaan Microsoft seperti aplikasi media sosial, dan email dapat berjalan secara otomatis setiap kali komputer dinyalakan. Jika dilihat dari sisi ini, Windows 8 memang lebih memudahkan dan memanjakan penggunanya.

Jason Lim juga menambahkan bahwa memakai Windows 8 selama setengah jam saja pasti sudah bisa. Ini sama seperti sistem operasi lain seperti Blackberry maupun Android. Ia juga menambahkan bahwa menurut survey yang dilakukan oleh Acer, kebanyakan pengguna menginginkan fungsionalitas touch and type. Mereka menginginkan satu perangkat yang dapat dikendalikan melalui layar sentuh ataupun keyboard konvensional. Melihat hal tersebut, Acer mulai memfokuskan diri pada pembuatan perangkat komputer touch and type. Jika ini yang dibicarakan, maka Windows 8 memang sudah memiliki rancangan yang mendukung layar sentuh. Karena kemudahannya maka tidak heran jika Samsung ciptakan Samsung Ativ S, untuk melamar Windows 8 ke pabrikannya.

Keluhan para Pengguna Windows 8

Windows-8-Cukup-Mudah-Digunakan-1

Meski pada beberapa sisi Windows 8 dibuat dengan segudang fitur dan layanan yang semakin memudahkan para pengguna, satu kesalahan yang membuat Windows 8 kurang diminati adalah konsistensinya dalam merancang desain user interface. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna yang lebih banyak mengeluhkan tampilan user interface ketimbang sistemnya. User interface Windows 8 memang tampak sangat berbeda dengan Windows 7.

Meski pada beberapa hal user interface Windows 8 tampak tidak berbeda jauh dengan pendahulunya, pada sisi tertentu sistem operasi ini kehilangan konsistensinya dalam mendesain user interface. Namun jika berbicara mengenai perkembangan dan trend teknologi di masa depan, memang tidak mungkin bagi Microsoft untuk terus mempertahankan user interface Windows 7. Terlebih mengingat bahwa Windows 7 memang belum sepenuhnya didesain untuk mendukung model navigasi touch screen.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *