Waspadai Malware dalam DVD Software Bajakan

By on July 14, 2013
Waspadai Malware dalam DVD Software Bajakan-1

Anda yang sangat suka menginstall DVD Software Bajakan pada perangkat komputer wajib waspada. Pasalnya dari hasil penelitian, Microsoft Indonesia mempublikasikan fakta mencengangkan bahwa 100% DVD software bajakan mengandung perangkat perusak atau Malware (Malicious Software). Riset tersebut dilakukan di tujuh kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Medan, Makassar, Surabaya Semarang, Yogyakarta dan Bandung.

Hasil penelitian tersebut dipaparkan oleh Sudimin Mina sebagai Genuine Initiative Software Director Microsoft Indonesia. Ketika menghadiri jumpa pers pada Festival Komputer Indonesia 2013 di Celebes Convention Center, Makassar.

Selain software bajakan yang terserang Malware, dari sampel komputer tercatat 60% terinfeksi Malware juga. Biasanya software bajakan tersebut dengan mudah bisa dibeli saat acara bursa komputer dan situs jual beli online.

Malware terbukti sangat berbahaya, karena berbagai jenis Malware akan mempermudah hacker dalam melakukan kejahatan dunia maya seperti pencurian password kartu kredit dan tentunya bisa dengan seenaknya menguras abis isinya. Selain itu, Malware bisa melenyapkan berbagai data penting dan bisa juga menjadi alat penyebar luasan virus tanpa diketahui pemilik komputer.

Penelitian di Indonesia oleh International Data Corporation dan Business Software Alliance menyatakan bahwa pada tahun 2011 terjadi pembajakan software sebanyak 86 persen. Karena pembajakan ini Microsoft merugi hinga Rp 12 Trilyun atau setara dengan US$ 1,47 Milyar.

Agar terhindar dari software bajakan, Sudimin Mina menyarankan selalu mencermati label Certificate of Authenticity (COA) pada cashing komputer. Selain itu, periksa juga tampilan hologram pengaman dan detail pengemasan yang terlihat dari mutu cetaknya.

Waspadai Malware dalam DVD Software Bajakan-2

Cara lain supaya terhindar dari software bajakan, Anda harus selalu cermat ketika akan membeli komputer baru maupun bekas. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari bahaya Malware.

  1. Supaya terhindar dari Malware, Anda harus selalu minta software asli untuk diinstalkan saat membeli komputer.
  2. Agar terhindar dari penipuan software bajakan, sebaiknya Anda membeli komputer dari reseller atau toko yang sudah terpercaya. Carilah informasi lengkap dan rekomendasi dari sekitar Anda guna mendapatkan informasi yang akurat.
  3. Anda harus memastikan keaslian software yang dibeli dengan meminta kemasan aslinya.
  4. Jika Anda membeli Personal Computer (PC) atau perangkat komputer lainnya yang telah terinstall Windows, pastikan label resminya dan Certificate of Authenticity (sertifikat keaslian produk) dari Microsoft.
  5. Jika telah membelinya dan Anda masih ragu dengan keasliannya. Anda bisa mengecek keaslian software dengan mengakses http://www.microsoft.com/en-us/howtotell.
  6. Selalu update antivirus atau keamanan pada software dan komputer yang Anda aplikasikan.
  7. Menginstall software yang teruji mampu bekerja baik sebagai pelindung komputer Anda dari serangan berbagai macam virus.
  8. Selalu berhati-hati, jika Anda mendapatkan kiriman email palsu dan email spam. Bisa jadi itu adalah email yang mengandung virus.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *