Virus Telepon Genggam yang Menyerang Melalui Game

By on April 13, 2013
Virus-HP-2

Virus-HP-1

Virus menjadi salah satu momok pengguna komputer, perkembangan teknologi telepon genggam dimana gadget ini bekerja seperti sebuah komputer kecil juga tidak lepas dari ancaman berbagai macam virus. Pada dasarnya, semua sistem operasi memiliki resiko terjangkit virus ketika terhubung dengan gadget lain atau jaringan yang telah terinfeksi. Memasang antivirus dapat menjadi solusi paling sederhana untuk mencegah infeksi virus, program antivirus akan mendeteksi program atau file mencurigakan dan menolak atau memblokir program ataupun file yang dicurigai mengandung virus. Salah satu media penyebaran virus paling lazim bagi pengguna telepon genggam adalah koneksi internet, mengakses internet perlu kehati–hatian dan kejelian terutama ketika mengunduh program, data ataupun permainan dari internet.

Virus Berbahaya bagi Telepon Genggam

Ada beberapa virus telepon genggam yang tercatat sebagai virus berbahaya seperti CardTrap, DoomBoot dan AppDIsabler. Beberapa virus tertentu hanya bekerja pada sistem operasi tertentu; virus telepon genggam seperti AppDisabler menyerang telepon genggam dengan sistem operasi Symbian dan menular melalui bluetooth dan juga pertukaran MMS. Salah satu kehebatan virus telepon genggam ini adalah kemampuannya untuk menginstal virus–virus lain yang tidak kalah merusak dan berbahaya seperti Locknut, Skulls dan juga Cabir. Infeksi virus–virus ini dapat membuat telepon genggam tidak berfungsi sama sekali. Pada dasarnya, semua sistem operasi telepon genggam dapat disusupi oleh virus. Pengguna telepon genggam dengan sistem operasi Symbian, Android, Windows ataupun iOS tetap harus waspada dang mengisntal antivirus demi keamanan dari serangan virus.

Virus-HP-2

Mewaspadai Virus Telepon Genggam yang Menular Melalui Game

Ada banyak pengguna telepon genggam yang senang bermain game di alat komunikasinya tersebut, kegiatan bermain game ini dapat mengundang resiko terinfeksi virus telepon genggam jika pengguna kurang berhati–hati. Beberapa jenis virus dibuat dengan metode penyusupan menyamar pada game telepon genggam. Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk menginstall game atau permainan hanya dari sumber–sumber terpercaya. Selain itu, menginstal program antivirus dan melakukan update terhadap virus pattern secara berkala juga dapat mencegah terjadinya penyerangan atau infeksi virus telepon genggam pada telepon genggam yang Anda gunakan.

Beberapa jenis virus seperti MapPlug.A , ShadowSrv.A, FC.Downsis.A serta BIT.N diketahui menyerang telepon genggam dengan cara menumpang pada program game. Beberapa virus lain seperti CardTrap juga menyerang telepon genggam dengan cara menyamar sebagai program game seperti Half Life, Kingkong ataupun Battlefield. Virus ini pada dasarnya dibuat untuk menyerang sistem operasi Windows namun juga dapat menyerang telepon genggam dengan sistem operasi Symbian. Virus lain yang menyerang telepon genggam dengan menyamar sebagai game adalah DoomBoot. Menginstal antivirus yang baik pada telepon genggam dan melakukan update berkala menjadi hal yang wajib untuk mengurangi resiko serangan virus.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *