Upload Foto di Facebook Hukumnya Haram!

By on August 17, 2013
19a upload foto fb haram

Saat ini Facebook sedang gempar dengan rumor yang mengatakan bahwa mengunggah foto di Facebook hukumnya adalah haram! Mengapa hal ini bisa terjadi? Awalnya Facebook merupakan sebuah jaringan sosial yang terpopuler di dunia. Ini dikarenakan facebook memiliki akses yang mudah untuk bisa terhubung dengan satu sama lain, belum lagi adanya fitur berupa chat yang dapat mempermudah Anda untuk ngobrol santai dengan teman Anda kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Facebook juga menyediakan sebuah fitur berupa upload foto yang bisa digunakan oleh user untuk mengunggah berbagai macam jenis foto yang mereka inginkan sesuka hatinya. Konon, inilah yang menyebabkan rumor tersebut menyebar. Rumor mengenai diharamkannya upload foto via Facebook pertama kali booming di umat islam India.

Alasan Para Ulama di India Mengeluarkan Fatwa Haram Upload Foto Facebook

Para Sunni di India mengeluarkan sebuah fatwa yang mengatakan bahwa memasang foto di Facebook hukumnya adalah haram. Mengapa mereka sampai mengeluarkan fatwa tersebut? Hal ini jelas dikarenakan banyaknya telepon dari golongan tertentu yang mempertanyakan boleh tidaknya umat islam mengupload foto di profil Facebook mereka.

Tentunya hal ini cukup trend terjadi di dunia maya sebagai sarana untuk pamer penampilan dan info terkini mereka. Seorang Ulama Sunni yang bernama Abul Irfan Naimul Halim Firagni Mahli, mengatakan bahwa jika Anda bisa melihat foto mereka secara langsung, terutama foto dari lawan jenis, kemudian memutuskan untuk berteman, Anda bisa melakukannya secara langsung di dunia nyata. Jika melakukannya di dunia maya, hal ini akan sangat tidak menguntungkan.

Untuk Berbisnis, Facebook Hukumnya Halal

19b upload foto fb haram

Ulama Abul Irfan ingin agar generasi muda saat ini mampu untuk membuat sebuah ikatan yang nyata antara satu sama lain, bukan ikatan yang semu sebagaimana proses pertemanan yang dilakukan di dunia maya ini. Namun demikian dari 1000 panggilan telepon yang diterima dalam kurun waktu sebulan oleh para ulama, mereka menemukan sbeuah fakta bahwa banyak orang yang mempertanyakan perihal manfaat internet bagi mereka. Para ulama ini mengatakan bahwa Facebook sejatinya bila digunakan untuk melakukan aktivitas bisnis, hal itu boleh untuk dilakukan karena ini akan memberikan keuntungan bagi penggunanya. Misalnya adalah untuk berdagang produk dan juga berbisnis secara halal.

Tetapi para Ulama di India ini sangat tidak senang dengan para kaum wanita yang mencari teman melalui Facebook. Mereka dengan bebas menggunggah foto mereka dengan berbagai foto yang mengundang perhatian dan juga membuat lawan jenis tertarik untuk berkenalan. Disamping itu mereka juga bahkan pamer aurat dan kecantikan supaya bisa cepat memperoleh kepopuleran. Hal inilah yang kemudian menjadikan upload foto melalui Facebook menjadi haram hukumnya, terutama bagi kaum wanita yang ingin memamerkan foto mereka dengan aurat yang terbuka tersebut. Fatwa haram ini ternyata mendapat dukungan dari berbagai pihak.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *