Tips dan Triks Supaya Laptop Berjalan Lancar Kembali

By on March 19, 2013
bedahtekno

bedahtekno

Memiliki laptop yang sudah berusia sekitar 2 tahun, beberapa penyakit atau masalah mulai muncul menghinggapi laptop Anda. Banyak masalah datang ketika laptop yang Anda miliki sudah mulai berumur. Entah itu laptop menjadi cepat panas atau jalannya lambat, pokoknya tidak seperti pertama kali membeli laptop tersebut. Tapi tenang, ada beberapa cara mudah yang dapat mengatasi masalah/penyakit laptop Anda tersebut.

Di video YouTube terbarunya, Hack College, sebuah chanel di situs video populer yang terkenal memberikan tips dan triks untuk urusan barang-barang teknologi. Hebatnya tips dan triks yang mereka berikan di video tersebut, mereka sampaikan hanya dalam waktu 1 menit saja, namun sudah bisa membahas sebuah topik secara jelas. Oleh karena itu, mereka menamai judul videonya dengan “Minute Hacks.”

Kali ini yang mereka berikan tips dan triksnya adalah tentang bagaimana supaya laptop yang sudah berumur bisa berjalan dengan lancar kembali. Tips yang pertama adalah menjaga suhu laptop dalam keadaan dingin/sejuk. Supaya laptop terhindar dari masalah cepat panas:

  • Cek kipas laptop dengan menggunakan program diagnosa yang ada di aplikasi laptop dan bersihkan lobang kipas dengan cotton bud
  • Sering-sering bersihkan laptop Anda, di bagian luar dan dalam. Untuk bagian luar, bersihkan laptop jika sudah banyak debu. Untuk bagian dalam gunakan program “Disk Cleanup” untuk menghapus program dan file sudah tidak dipakai lagi, termasuk yang ada di Recycle Bin

Tips yang kedua adalah coba hanya menggunakan 30%-60% jumlah memori. Cara-cara mudah yang bisa dilakukan:

  • Menjaga batery dengan tidak menunggu hingga batery habis untuk nge-charge
  • Dari pada mode ‘Sleep’ lebih baik menggunakan mode ‘Hybernate’, jika laptop sedang tidak digunakan
  • Redupkan layar laptop Anda
  • Jangan membuka banyak program sekaligus
  • Dan matikan hardware yang tidak digunakan, seperti mouse dan Wi-Fi

Untuk lebih jelasnya simak video tips dan triks agar laptop berjalan lancar di bawah ini:

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *