Tidak Hanya LG, Galaxy S7 Pun Pun Punya Layar Always On?

By on February 20, 2016
Samsung Always On Screen1

Tidak hanya menampilkan bocoran fisik dan spesifikasi saja. Menurut bocoran terbaru, Samsung Galaxy S7 akan hadir dengan mengusung layar yang tidak pernah mati alias Always On. Spesifikasi layar ini sendiri tidak terlalu jauh dengan teknologi layar yang dimiliki oleh LG G5.

Lantas, apa kelebihan layar milik Samsung ini?

Seperti dilansir dalam Phone Arena, jika kebanyakan layar ponsel akan mati setelah anda menekan tombol power atau standby, maka layar Galaxy S7 ini akan tetap bisa beroperasi dengan menggunakan daya yang sangat rendah.

Walaupun begitu, tampilan layarnya nanti akan mentok cuma warna hitam dan putih saja. Tidak hanya itu, layar ini pun dibekali kemampuan untuk menampilkan notifikasi seperti WhatsApp, sms, BBM, email, dan berbagai notifikasi lainnya.

Penggunaan teknologi layar Always On senidri bukanlah yang pertama dilakukan Samsung. Pasalnya, YotaPhone dan smartch Pebble, sebelumnya sudah menyematkan fitur unik ini dengan nama Always On Screen. Bahkan lebih jauh lagi, YotaPhone bahkan mampu menghasilkan layar Always On dengan mengusung teknologi Electronic Paper Display (EPD) atau E-Ink sebagai layar keduanya.

Tapi karena Samsung belum memiliki rencana untuk membenamkan layar kedua dalam Galaxy S7, seperti yang dilakuka olah YotaPhone, akhirnya Samsung pun harus puas dengan meleburkan teknologi Always On ini ke dalam layar yang berbasis OLED.

Yang membuatnya sangat mungkin adalah, karena untuk bisa membuat warna hitam dalam layar OLED, mereka hanya perlu mematikan backlight-nya saja. Di sisi daya, tentu saja konsumsi daya untuk fitur ini jauh lebih hemat.

Samsung Always On Screen

Hal ini jauh dengan layar layar LCD yang masih butuh backlight walaupun layar tersebut hanya menampilkan warna hitam saja. Teknik ini pun sama seperti yang dilakukan LG untuk smartphone terbaru mereka, LG G5.

Walaupun begitu, hal ini hanya sebatas rumor saja. Untuk pembuktiannya, spesifikasi Galaxy S7 dan berbagai fitur menarik yang dimilikinya, akan terjawab pada 21 Februari besok. So, bagaimana menurut anda. Apakah teknologi layar Always On ini akan jadi tren abru di dunia smartphone?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *