Terjun Ke Dunia VR, Microsoft Pertontonkan Kehebatan HoloLens

By on July 10, 2015
Hololens

Setelah kemarin membocorkan akan terjun ke dunia VR, akhirnya Microsoft secara resmi mempertontonkan bagaimana kemampuan hebat kacamata augmented reality HoloLens milik mereka dalam sebuah video baru yang dirilis beberapa waktu yang lalu. Seperti apakah kehebatan kacamata VR milik Microsoft ini?

Seperti dilansir dalam The Verge, demonstrasi yang dijalankan Micosoft tersebut kebanyakan berisi tentang penjelasan aneka kemungkinan skenario pengguna HoloLens di berbagai institusi pendidikan di dunia. Microsoft menyatakan jika produknya ini ingin memiliki manfaat lebih, tidak hanya sebagai perangkat hiburan.

Dalam prakteknya, nantinya teknologi augmented reality HoloLens ini bisa digunakan untuk mempelajari anatomi tubuh manusia secara tiga dimensi. Dengan kata lain, tampilan nantinya akan lebih mirip dengan hologram yang biasa kita lihat dalam film fiksi ilmiah. Dengan cara seperti ini, diharapkan anak-anak akan lebih mudah mencerna setiap penjelasan.

HoloLens sendiri merupakan sebuah headset 3D besutan Microsoft yang menampilkan grafis 3D dalam sebuah layar transparan. Jika dibandingkan dengan produk lainnya, HoloLens termasuk unik, di mana tampilan grafis 3D ini nantinya akan bisa disesuaikan dengan arah pandangan mata, konteks lingkungan dan obyek-obyek sekitar penggunanya.

Dalam berita sebelumnya, HoloLens juga pernah digunakan dalam sebuah demonstrasi yang memainkan sebuah game Minecraft dalam ajang eksebisi game E3. Tapi seperti yang dikatakanpihak Microsoft, kemampuan HoloLens ini tidak terbatas kepada bidang game saja, tapi bisa juga berkembang ke arah lainnya demi pengembangan ilmu pengetahuan.

Bahkan sebagai bukti ambisinya tersebut, Microsoft dikabarkan tengah mengundang para peneliti untuk bisa mengeksplorasi aneka kemungkinan pemakaian HoloLens dalam penerapan ilmu pengetahuan. Bahkan Microsoft secara khusus menjanjikan uang senilai USD 500.000, dan 10 unit HoloLens untuk para pemenang yang sanggup menampilkan ide paling inovatif untuk pengembangan produknya ini.

Hololens

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *