Telkom Akan Pasang Internet Cepat 10 GBPS Untuk 20 Juta Rumah

By on March 13, 2014
2.Telkom Akan Pasang Internet Cepar 10 GBPS Untuk 20 Juta Rumah.1

Telkom merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang masih eksis sampai saat ini. Perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi ini telah berpengalaman selama puluhan tahun untuk memudahkan komunikasi masyarakat di seluruh Indonesia melalui layanan – layanan yang ditawarkan. Layanan komunikasi tidak hanya berupa telepon tetapi juga internet.

Telkom berusaha untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat di Indonesia dengan terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanannya. Hal ini tentu bertujuan agar masyarakat Indonesia semakin mudah berkomunikasi dan mengakses kebutuhan informasi melalui internet.

Telkom melalui perusahaan anakannya yaitu Telkom Akses tengah mencoba melakukan percepatan pembangunan infrastruktur untuk jaringan pita lebar atau broadband. Hal ini dilakukan guna memenuhi program pemerintah untuk menyediakan akses internet cepat di semua wilayah Indonesia.

Dalam pengumuman resmi Telkom yang dimuat dalam situs web Telkom Akses, anak perusahaan dari Telkom yang bergerak dalam bidang infrastruktur jaringan dan layanan tersebut bertekad untuk menawarkan internet dengan kecepatan hingga 10 Gbps untuk downstream dan untuk upstream mencapai 2,5 Gbps. Terobosan ini tentu meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan teknologi yang pernah diadopsi sebelumnya.

internet, telkom, cepat, 10 gbps, teknologi

Agar proses pembangunan dapat cepat selesai, Telkom Akses sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan Abhimata Citra Abadi, Alcatel Lucent, dan Fiberhome Technologies Indonesia pada tanggal 21 Februari 2014 kemarin.

Pembangunan infrastruktur GPON (Gigabit Passive Optical Network) ini bertujuan untuk menyebarkan kabel serat optik yang dapat dinikmati oleh konsumen rumah tangga. Hal ini memungkinkan konsumen rumah tangga mampu mengakses internet berkecepatan tinggi di sekitar 900 pulau yang telah berpenghuni di Indonesia. Infrastruktur broadband Telkom saat ini baru melewati sekitar 8.2 juta rumah.

Selain itu, Telkom sendiri juga mempunyai proyek untuk melakukan modernisasi jaringan pita lebar di Indonesia. Perusahaan milik negara ini juga diberi amanat oleh pemerintah Indonesia untuk mengganti kabel tembaga yang digunakan saat ini dengan kabel serat optik.

Badriyanto selaku CEO dari Telkom Akses menyampaikan bahwa proyek baru dari Telkom ini akan menutupi kesenjangan digital dan juga membuka kesempatan pada masyarakat di Indonesia untuk menikmati akses internet cepat di kota maupun di pedesaaan.

“Kami yakin bahwa dengan menyediakan jaringan broadband yang handal dan terjangkau di tingkat nasional dapat memberikan dampak yang positif dan signifikan untuk masyarakat di tanah air, terutama di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomu,” tutur Badriyanto seperti yang dilansir dari The Register.

Dengan terobosan baru yang sedang digencarkan oleh Telkom melalui pembangunan Gigabit Passive Optical Network, diharapkan masyarakat Indonesia dapat menikmati akses internet cepat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, akses internet yang cepat secara tidak langsung juga membantu mengembangkan masyarakat Indonesia di berbagai bidang.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2014/03/12/1037490/Telkom.Mau.Pasang.Internet.10.Gbps.di.20.Juta.Rumah

internet, telkom, cepat, 10 gbps, teknologi

BACA JUGA:

Nikmati Facebook Messenger di Windows Phone 8.0

Gunakan SolMail Jika Anda Punya Banyak Akun Email

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *