Teknologi Isi Ulang Baterai 30 Detik

By on May 25, 2013
Teknologi Isi Ulang Baterai 30 Detik-1

Baterai adalah salah satu penemuan yang sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Saat ini, baterai digunakan sebagai suplay tenaga listrik untuk berbagai macam alat yang dibutuhkan manusia, seperti jam, alat pencukur, ponsel, radio, dan lain sebagainya. Bahkan baterai tidak hanya digunakan untuk sekali pakai saja, namun telah ada jenis baterai yang bisa diisi ulang sehingga lebih praktis.

Beberapa alat seperti ponsel, laptop, kendaraan listrik, dan lain-lain dilengkapi dengan baterai isi ulang untuk memudahkan para pengguna mendapatkan pasokan energi listrik di dalam baterai secara lebih efisien. Tapi belakangan baterai untuk alatan eletronik tersebut cepat habisnya, dan jarang ada yang memiliki baterai yang tahan lama. Namun tahukah Anda bahwa baru-baru ini seorang siswi di Amerika juga telah menciptakan sebuah terobosan baru lagi yang dapat mendukung penggunaan baterai isi ulang?

Berapa menit waktu yang biasanya Anda butuhkan untuk mengisi ulang baterai ponsel Anda hingga penuh? Ya, setidaknya kita membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk melakukannya. Akan tetapi, dengan penemuan fenomenal, yang dilakukan oleh seorang remaja puteri berusia 18 tahun dari sekolah Lynbrook High School, San Jose, California, tentang teknologi isi ulang baterai 30 detik ini, akan mungkin bagi kita semua kelak untuk mengisi ulang baterai ponsel kita hingga penuh hanya dalam waktu setengah menit saja. Siapakah remaja puteri jenius yang berhasil menemukan sebuah terobosan yang sangat berguna tersebut dan bagaimanakah teknologi hasil temuannya tersebut dapat bekerja?

Penemu Teknologi Baterai 30 Detik

Penemu teknologi yang akan memungkinkan kita untuk mengisi ulang penuh baterai ponsel kita di masa mendatang hanya dalam waktu yang sangat singkat, yakni 30 detik saja, adalah Eesha Khare. Siswi sekolah menengah atas tersebut adalah seorang warga keturunan India Amerika. Siswi jenius ini mengungkapkan bahwa dirinya ingin terus melakukan berbagai penelitian ilmiah untuk menemukan terobosan-terobosan lain yang berguna. Hasil temuannya yang berupa teknologi isi ulang baterai 30 detik ini membuat dirinya memenangi ajang Intel International Science and Engineering Fair yang diadakan pada tanggal 17 Mei 2013 kemarin di Phoenix, Amerika Serikat.

Cara Kerja Teknologi Baterai 30 Detik

Teknologi Isi Ulang Baterai 30 Detik-2

Teknologi isi ulang baterai 30 detik tersebut dibuat dengan struktur nano khusus hingga menjadi kapasitor super yang mampu menyimpan energi listrik dalam jumlah yang cukup besar meskipun tempat atau ruangnya cukup kecil. Dengan ditemukannya teknologi ini, kita tidak serta merta langsung bisa mengisi baterai dalam waktu yang sangat singkat seperti yang telah kita bicarakan sebelumnya.

Akan tetapi, teknologi tersebut merupakan salah satu komponen yang harus dipakai dalam pembuatan baterai isi ulang. Sehingga kelak jika pembuatan baterai ponsel, laptop, ataupun alat-alat lainnya telah menggunakan teknologi ini, kita baru bisa menikmati kemudahan tersebut. Menurut Khare, teknologi ini cukup efektif untuk dipakai karena bisa tahan hingga 10 ribu siklus pengisian ulang. Bahkan baterai biasa rata-rata hanya memiliki ketahanan hingga 1000 siklus saja.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *