Teknologi dalam Man of Steel

By on June 19, 2013
Teknologi-dalam-Man-of-Steel-1

Film Man of Steel memang masuk ke dalam film box office terbaru saat ini. Meski peluncurannya masih terbilang belum lama, film ini sudah memikat banyak pecinta film jagoan Marvel. Layaknya film superhero lainnya, Man of Steel juga dipeunuhi dengan berbagai macam efek yang menakjubkan. Banyak adegan-adegan dalam film ini yang menggunakan efek-efek animasi yang canggih. Untuk memperoleh efek animasi seperti itu tentu dibutuhkan teknologi yang cukup mahal. Karena itulah untuk mewujudkan film reboot Superman ini Zack Snyder selaku sutradara film Man of Steel menggunakan beberapa software khusus.

Mulai dari Planet Krypton hingga Adegan Pertarungan

Visual effect yang dihadirkan dalam film Man of Steel memang terbukti mampu memukau banyak penonton. Mulai dari adegan di planet Krypton hingga adegan pertempuran Superman dihadirkan dalam format yang sangat hidup dan nyata. Dalam pembuatannya, stradara Zack Snyder tidak menggunakan gaya-gaya Dawn of the Dead atau gaya pertarungan dalam film 300. Planet Krypton juga berhasil digambarkan dengan model yang luar biasa. Bahkan penampilannya tampak lebih canggih dibandingkan pada trilogy Start Wars. Dalam film ini Zack Snyder memang ingin menonjolkan Krypton sebagai tempat yang memiliki kesan kuno dengan teknologi canggih namun porak-poranda. Di sini Zack Snyder juga ingin menampilkan tempat yang benar-benar beda dengan planet Bumi.

Untuk mewujudkan itu semua, pengawas visual effect Man of Steel, John DJ Desjardin mengakui bahwa adegan pertarungan menjadi bagian yang memiliki tantangan tersendiri. Bahkan menurut Dan Kaufman, visual effect yang ditampilkan adalam Man of Steel ia ibaratkan seperti seorang anak yang bertemu dengan monster. Dalam proses pembuatan film Man of Steel memang digunakan berbagai macam software pengolah grafis seperti Autodesk Maya, Autodesk Flame hingga Autodesk 3ds Max. Namun fakta yang cukup menakjubkan dari efek-efek teknologi dalam film Man of Steel adalah kenyataan bahwa efek visual yang ada ini diproduksi dari studio di seluruh dunia. Beberapa studio yang turut serta dalam pemberian visual effect Man of Steel diantaranya adalah Scanline VFX, Pixel Liberation Front, MPC and LOOK FX, MPC & Double Negative dan Weta Digital & Double Negative.

Rahasia Teknologi dalam Man of Steel

Teknologi-dalam-Man-of-Steel-2

Untuk mewujudkan visual effect yang luar biasa, semua aktris dari enam studio yang terlibat dalam pembuatan film Man of Steel mengandalkan Maya. Bahkan Liberation Front Pixel di Los Angeles juga mengembangkan sistem kamera virtual berdasarkan Autodesk MotionBuilder. Selain itu pra visualisasi tollsetnya juga sudah termasuk dalam Maya dan Softimage. Untuk membuat beberapa urutan adegan, MPC menggunakan perluasan Maya. Beberapa adegan yang menggunakan teknik ini adalah saat penerbangan pertama Man of Steel, dalam pesawat ruang angkasa Krypton, pertempuran di Smallville, saat penyelamatan Lois Lane dan tampilan lingkungan digital yang besar.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *