Snapdragon S800 Kembali Unjuk Gigi

By on May 29, 2013
Snapdragon-S800-Kembali-Unjuk-Gigi-1

Snapdragon S800 merupakan prosesor terbaik Qualcomm saat ini. Kemampuannya memang sudah banyak diperbincangkan. Bahkan prosesor ini kabarnya akan banyak digunakan oleh smartphone atau perangkat tablet kelas high end. Setelah beberapa waktu yang lalu unjuk kemampuan, kini Snapdragon S800 kembali menunjukkan taringnya melalui aplikasi benchmark bernama AnTuTu. Namun yang menarik lagi adalah kenyataan bahwa ponsel yang menggunakan prosesor ini bukanlah ponsel yang populer.

Smartphone IM-A880, Smartphone dengan Prosesor Terbaik Snapdragon

Dalam pengujian yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi AnTuTu, prosesor Snapdragon S800 ini ternyata tidak ditanamkan pada smartphone populer melainkan ditanamkan pada smartphone garapan Pantech yang bernama IM-A880. Dalam pengujian yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi AnTuTu itu smartphone ini berhasil meraih perolehan skor sebanyak 30 ribu poin. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan Galaxy S4 yang hanya mampu meraih skor 26 ribu. Mengingat bahwa Samsung Galaxy S4 merupakan salah satu smartphone tercanggih saat ini, perolehan yang berhasil dicapai oleh IM-A880 bersama dengan prosesor Snapdragon S800 ini tentunya merupakan satu gebrakan baru.

Tingkat skor yang berhasil dicapai oleh Snapdragon S800 ini memang tidak terlepas dari kecepatan prosesornya yang mencapai 2,1 GHz. Hal ini masih ditambah lagi dengan proses pabrikasi 28 nm HPM. Hal ini semakin membuat prosesor ini semakin tangguh dalam memproses setiap data yang masuk. Dengan kemampuan prosesor seperti ini, tampaknya sangat memungkinkan para pengembang aplikasi untuk mengembangkan beberapa aplikasi mobile yang lebih canggih lagi.

Spesifikasi Prosesor Snapdragon S800

Snapdragon-S800-Kembali-Unjuk-Gigi-2

Kecepatan prosesor Snapdragon yang mencapai 2,1 GHz memang memiliki selisih yang sangat jauh dibandingkan dengan prosesor smartphone maupun tablet yang ada saat ini. Bahkan spesifikasi ini sudah menyamai spesifikasi prosesor perangkat desktop seperti notebook dan netbook. Hal ini tentunya akan membawa teknologi perangkat smartphone dan tablet untuk semakin menyamai kemampuan laptop. Meski demikian tidak bisa dipastikan apakah hal ini akan menjadi awal pergeseran posisi laptop. Namun tampaknya posisi laptop tidak akan terganti untuk beberapa waktu kedepan.

Sebenarnya prosesor Snapdragon S800 tidak hanya ditanamkan pada Pantech IM-A880 saja. Ada beberapa smartphone lain yang juga dikabarkan akan menggunakan prosesor ini sebagai otaknya. Beberapa smartphone lain yang akan menggunakan prosesor ini adalah Sony Honami, Xiaomi Mi3 dan Oppo Find 6. Ketiga smartphone tersebut kabarnya juga akan mengusung spesifikasi hardware yang sangat tangguh.

Bahkan bisa dipastikan bahwa ketiga smartphone tersebut akan mengawali level perangkat smartphone high end yang baru. Saat dilakukan pengujian, Xiaomi Mi3 berhasil memperoleh skor tertinggi. Bahkan skor benchmark smartphone ini mencapai angka 80 ribu poin. Angka ini tentu terlihat sangat kontras dan selisihnya juga sangat jauh. Namun banyak analis yang meragukan skor tersebut, terlebih mengingat bahwa skor tersebut memang terlalu berbeda jauh dengan perolehan skor smartphone lain yang memiliki spesifikasi yang setara dengannya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *