Snapdragon 800: Menuju TV Pintar

By on June 7, 2013
Snapdragon-800-Menuju-TV-Pintar-2

Sebelumnya prosesor Snapdragon dari Qualcomm lebih dikenal sebagai prosesor untuk perangkat mobile, seperti tablet dan smartphone. Namun, sekarang Qualcomm akan lebih melebarkan sayapnya dengan menciptakan prosesor Snapdragon untuk prosesor televisi pintar. Maraknya produksi TV pintar yang ada sekarang rupanya menjadi salah satu alasan dari pihak Qualcomm. Senior Manager Public Relations Qualcomm, Adrian Fu, mengatakan bahwa pihaknya memang telah merilis prosesor untuk melengkapi Smart TV. Snapdragon 800 menjadi prosesor Qualcomm pertama yang tidak hanya bisa digunakan pada perangkat mobile, namun juga pada TV pintar.

Kehebatan Snapdragon 800

Sebagai salah satu prosesor mobile terbaik dari Qualcomm, Snapdragon 800 memang memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Prosesor ini mampu beroperasi untuk melakukan pengambilan dan memutarkan video dalam resolusi yang cukup bagus sebesar 4K. Hasil ini secara tidak langsung membuat Snapdragon 800 menjadi salah satu pilihan utama sebagai prosesor untuk TV pintar. Adrian juga mengatakan bahwa perangkat dengan prosesor Snapdragon 800 sudah mulai dipasarkan pada sekitar paruh kedua tahun 2013 mendatang. Ada sekitar 55 perangkat smartphone yang akan mengusung prosesor ini. Namun sayangnya, Adrian tidak menyebutkan perangkat apa saja. Prosesor Snapdragon 800 mulai terlihat gaungnya saat diperkenalkan di event Consumer Electronics Show (CES) 2013.

Snapdragon 800 memang dikhususkan untuk bisa beroperasi pada perangkat high-end. Prosesor ini dikabarkan mampu menghasilkan kinerja 75 persen lebih baik daripada prosesor rakitan Qualcomm sebelumnya,. Snapdragon S4. Prosesor ini dikabarkan mampu beroperasi dengan kecepatan hingga 2,3 GHz. Hasil ini bisa tercapai tidak lepas karena adanya peran CPU Krait 400 quad-core yang digunakan. Snapdragon 800 juga sudah mendukung kamera ponsel hingga resolusi 55 megapiksel dan bisa juga untuk mengakses multichannel audio HD tanpa kesulitan. Chip grafik yang digunakan pada Snapdragon 800 adalah Adreno 330. Dengan prosesor ini, Qualcomm mengatakan bahwa GPU yang dimiliki bisa mengeluarkan performa dua kali lipat lebih baik dari yang sebelumnya.

Snapdragon-800-Menuju-TV-Pintar-1

Chatting tanpa Internet

Qualcomm juga memperkenalkan teknologi terbarunya yang disebut dengan AllJoyn. Dengan teknologi ini, masing-masing pengguna bisa melakukan interaksi satu sama lain tanpa perlu terhubung ke jaringan seluler terlebih dahulu. Apabila biasanya, pengguna smartphone harus menggunakan aplikasi chatting melalui jaringan internet terlebih dahulu agar bisa berkomunikasi, kini hal tersebut bisa dilangkahi dengan mudah lewat AllJoyn. AllJoyn memungkinkan pengguna bisa chatting dan bertukar file tanpa tersambung lewat internet.

Namun, Adrian tidak mengatakan lebih lanjut bagaimana sistem dan proses yang digunakan untuk menghasilkan metode seperti ini. Hal ini terdengar cukup revolusioner karena selama ini hanya diketahui bahwa aplikasi chatting memiliki server yang bertugas untuk menerima dan mengirimkan pesan ke pengguna lain melalui internet. Yang lebih menarik lagi, chatting melalui AllJoyn bisa dilakukan antar smartphone yang beda merk asalkan tetap menggunakan chip dari Qualcomm.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *