Smartwatch Android Wear Akan Lebih Tipis dengan Chipset Terbaru Qualcomm

By on February 14, 2016
1. Smartwatch Android Wear Akan Lebih Tipis dengan Chipset Terbaru Qualcomm 1

Smartwatch android wear saat ini banyak dan mudah dijumpai di pasaran. Namun, sebagian besar produk tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dan berat. Hal ini dikarenakan produk-produk tersebut menggunakan prosesor yang juga berukuran besar.

Akan tetapi, Qualcomm, salah satu produsen prosesor, berusaha untuk mengatasi masalah ini yang tentunya membuat jam tangan pintar lebih ramping. Dengan prosesor baru yang dikembangkan perusahaan ini, Smartwach Android Wear akan lebih tipis 30 persen dari produk Android Wear lainnya.

Menurut informasi dari Techno Buffalo, yang dilansir pada Jumat 12 Februari 2016, chipset ini akan diberi nama “Snapdragon Wear 2100”. Selain bentuknya yang lebih tipis, kemampuan dan fitur yang ada juga mengalami peningkatan.

Salah satu fitur yang ditingkatkan adalah fitur penggunaan daya. Dibandingkan dengan chipset android wear Snapdragon lainnya, chipset terbaru Qualcomm ini hanya menggunakan 25 persen tenaga total yang digunakan Snapdragon 400. Dengan fitur hemat daya ini, tentunya pengguna Smartwatch alan dapat menggunakan jam tangan pintar mereka lebih lama.

Qualcomm mengungkapkan Snapdragon Wear 2100 ini akan tersedia dalam dua versi. Yang pertama adalah versi tethered. Versi ini hanya akan menggunakan koneksi Bluetooth dan WiFi.

Sedangkan versi lainnya adalah versi chip LTE. Versi ini dapat digunakan untuk langsung mengakses jaringan internet LTE. Dua versi ini juga didesain untuk digunakan pada Smartwatch sports. Biasanya Smartwatch jenis ini digunakan dan terintegrasi dengan Smart Headset dan Eyewear.

Selain mengembangkan chipset terbaru ini, Qualcomm juga terus menjalin kerjasama dengan beberapa produsen Smartwatch yang ada saat ini. Produsen Smartwatch tersebut akan menggunakan chipset terbaru untuk produk terbaru mereka. Salah satu perusahaan yang pasti bekerjasama dengan Qualcomm adalah LG.

LG sendiri akan meluncurkan produk Smartwatch pada pertengahan tahun ini. Dan, menurut informasi yang beredar, Smartwatch terbaru dari LG ini akan mempunyai ukuran yang lebih tipis dari sebelumnya. Hal ini tentu sangat cocok dengan chipset terbaru Qualcomm untuk android wear yang juga didesain lebih tipis dari sebelumnya.

Menurut David Yoon, Wearable Chief LG, kerjasama ini dilakukan guna untuk menciptakan produk dan perangkat Smartwatch yang lebih canggih. Ditambah lagi, produk-produk yang akan muncul nantinya juga akan memiliki desain yang lebih cantik dari sebelumnya. Hal ini sangat beralasan, karena dengan ukuran chipset yang jauh lebih ramping, maka produsen Smartwatch dapat lebih bebas memilih konsep desainnya. Yang jelas, mereka akan dapat membuat jam tangan pintar yang lebih cantik dan keren.

Melihat apa yang dilakukan Qualcomm dengan chipset untuk android wear ini, ada kemungkinan bila mereka juga akan membuat konsep serupa untuk Smartphone. Artinya, bukan tidak mungkin, bila di masa mendatang, terdapat ponsel pintar yang lebih ramping dan tipis dibandingkan yang ada saat ini.

Android Wear

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *