Smartphone Kini bisa Digunakan untuk Bermain Orkestra

By on May 28, 2013
Smartphone-Kini-bisa-Digunakan-untuk-Bermain-Orkestra-2

Saat ini mungkin banyak orang yang sudah memiliki smartphone dan menggunakannya untuk membantu meningkatkan produktivitasnya. Hal ini mungkin sudah sangat biasa. Tapi bagaimana jika smartphone digunakan untuk bermain orchestra? Ini tentu merupakan hal yang sangat luar biasa. Hal menarik ini benar-benar terjadi.

Namun kali ini fenomena ini merupakan salah satu iklan yang dilakukan oleh BNP Paribas dalam menawarkan aplikasi mobilenya. Aplikasi yang ditawarkan ini bernama Hello Bank. Untuk menarik minat pembeli, mereka membuat satu iklan yang sangat revolusioner.

Orkestra dengan Perangkat Mobile

Berita terkait dengan permainan orkestra ini dilansir oleh Mashable dari video yang diunggah ke situs berbagi video populer yaitu Youtube. Pada video tersebut ditampilkan iklan yang berupa konser orkestra dengan konduktor yang bernama Libor Pesek. Pada iklan tersebut ia memimpin satu orkestra yang bernama Czech National Symphony Orchestra dan memainkan Carmen.

Namun disini ada satu hal yang unik. Jika pada konser orkestra umumnya para pemain menggunakan alat musik konvensional seperti violin, flute dan alat musik lainnya, pada permaianan orkestra kali ini para pemain menggunakan perangkat pintar yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk memainkan musik.

Meski menggunakan instrument yang tidak biasa, namun musik Carmen yang dimainkan itu berhasil digarap dengan apik. Kumpulan tablet dan smartphone tersebut ternyata mampu memberikan satu nuansa yang baru dan unik pada orkestra tersebut. Mungkin Anda berpikir bahwa ini semua merupakan rekayasa gambar dan suara.

Namun jangan salah. Semua suara yang dihasilkan pada iklan tersebut memang murni suara yang dikeluarkan melalui smartphone dan perangkat tablet yang telah didesain secara khusus. Bahkan semua lagu yang terdengar itu memang benar-benar murni hasil permainan dari 60 orang yang memainkan tablet dan smartphone tersebut.

Pengerjaan Konser Dilakukan dengan Aplikasi Khusus

Smartphone-Kini-bisa-Digunakan-untuk-Bermain-Orkestra-1

Pada konser tersebut terhitung ada sebanyak 227 perangkat smartphone yang digunakan untuk memainkan orkestra. Dalam mewujudkan orkestra tersebut juga dibutuhkan aplikasi khusus yang semuanya terhubung melalui jaringan WiFi. Hal ini tentu sangat menarik dan merupakan hal yang cukup baru. Meski demikian, penggunaan smartphone dan tablet untuk bermain orkestra bukanlah sepenuhnya hal yang baru. Iklan ini juga bukan fenomena pertama penggunaan smartphone dan tablet sebagai instrument musik dalam permainan orkestra.

Meski tidak mirip dengan orkestra yang dimainkan oleh Czech National Symphony Orchestra, sebelumnya konser musik klasik yang dimainkan oleh grup yang bernama Brussels Philharmonic juga pernah menggunakan teknologi tablet sebagai media untuk menampilkan partitur not balok musik. Pada saat itu Galaxy Note 10.1 menjadi pilihan untuk mensukseskan konser orkestra tersebut. Jika diperhatikan, tampaknya teknologi memang tidak hanya akan mengubah produktifitas suatu perusahaan saja. Dalam dunia musik klasik teknologi modernpun juga digunakan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *