SleepSense, Gadget Baru Dari Samsung Pendeteksi Kualitas Tidur

By on August 26, 2015
SleepSense Samsung 1

Baru-baru ini Samsung dikabarkan akan membuat sebuah gadget unik yang akan di gunakan dengan cara di selipkan di bagian bawah bantal. Gadget yang bernama Samsung SleepSense tersebut secara khusus dirancang untuk membaca pola tidur penggunanya.

Tapi jangan bandingkan kemampuan Samsung SleepSense dengan smartwatch atau smartband biasa. Hal tersebut karena SleepSense tidak hanya sekadar dibekali sensor, akan tetapi perangkat ini pun secara khusus bisa dihubungkan ke berbagai perangkat internet of things (IoT) lainnya.

Contohnya saja, pada saat sensor SleepSense mendeteksi penggunanya sudah tertidur, secara otomatis dia akan mematikan TV yang sedang menyala, dan ketika mendeteksi penggunanya sudah terbangun di pagi hari, Samsung SleepSense akan memerintahkan coffee maker untuk segera membuat kopi.

Seperti yang dilansir dalam Venture Beat, sensor yang tertanam dalam SleepSense ini Sara otomatis mampu untuk menganalisis detak jantung penggunanya, kecepatan bernafas, sampai dengan pola pergerakan mereka ketika sedang tidur. Canggih Bener kan?

Tidak berhenti di sana saja, secara otomatis semua data tersebut akan dikumpulkan, setelah itu akan disajikan dalam sebuah bentuk analisis khusus. Dengan begitu, nantinya pengguna akan diberikan rekomendasi tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas tidurnya.

Selain itu, Samsung SleepSense dilengkapi juga dengan sleep score atau nilai indikator kualitas tidur. Penilaian ini berdasarkan pengukuran efisiensi tidur, jumlah total waktu tidur si pengguna, waktu yang dibutuhkan untuk tertidur serta persentase waktu rapid eye movement (REM).

SleepSense Samsung

Setelah itu, Samsung SleepSense akan langsung membandingkan data tersebut dengan data milik orang lain dalam rentang usia yang sama, dengan cara ini maka si pengguna akan bisa membayangkan apakah tidurnya sudah termasuk dalam kategori sehat, biasa atau bahkan sudah termasuk bahaya.

Sayangnya, Samsung SleepSense baru akan diperkenalkan dalam ajang IFA 2015 mendatang. Selain itu, pihak pabrikan pun belum bersedia memberikan rincian berapa banderol harga yang akan diberikan untuk perangkat ini.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *