Serangan pada Situs Telkom oleh Hacker hmei7

By on April 17, 2013
hacker-2

hacker-1

Keamanan merupakan aspek yang sangat penting dalam banyak hal, salah satunya dalam bidang komputasi terkait keamanan data ataupun jaringan. Beberapa kasus hacking atau penerobosan keamanan dari suatu jaringan atau sistem seringkali dilakukan sebagai sebuah demonstrasi atau unjuk kebolehan dari seseorang atau sekelompok orang yang sering disebut sebagai hacker. Salah satu kasus terbaru adalah pembobolan situs milik Telkom oleh sekelompok hacker yang menyebut diri mereka sebagai hmei7. Situs dengan alamat www.telkom.co.id ini mengalami perubahan tampilan dengan pesan “be secure, your security get down” serta alamat email tertera di bawah pesan tersebut.

Pembobolan Situs Telkom

Kasus pembobolan situs Telkom oleh hacker dengan identitas hmei7 tersebut terjadi pada dini hari tanggal 14 April lalu, kasus pembobolan dengan mengubah tampilan depan dari situs Telkom ini lebih terkesan sebagai unjuk kebolehan dari sang hacker karena meninggalkan pesan berupa celaan bahwa keamanan situs tersebut kurang baik. Penyerangan situs tersebut juga diakui oleh pihak Telkom setelah Operation Vice President Public Relations PT. Telekomunikasi Indonesia memberikan klarifikasi bahwa situs Telkom mengalami gangguan pada pukul 1 dini hari. Secara resmi Arif Prabowo mengatakan bahwa website resmi dari PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk yaitu www.telkom.co.id  mengalami penyerangan dari luar dan pada saat klarifikasi dilakukan; situs tersebut telah dapat diakses kembali dengan normal. Gangguan pada situs Telkom tersebut terjadi sebatas pada halaman depan atau front page. Serangan yang sering disebut dengan deface ini tidak mengganggu server dari website sehingga data dan informasi yang tersimpan dalam server tidak mengalami kerusakan. Beberapa website dari perusahaan lain juga mengalami serangan serupa yang sepertinya merupakan bagian dari unjuk kebolehan seorang hacker.

hacker-2

Hacker hmei7 di Balik Serangan Website Telkom

Hacker yang menyerang situs Telkom dengan identitas hmei7 juga melakukan beberapa penyerangan terhadap tampilan depan situs–situs lain. Selain itu, hmei7 juga pernah melakukan deface massal atau perubahan tampilan muka pada lebih dari 5000 website pada tanggal 31 Desember 2012 dan 1 Januari 2013. Beberapa situs milik perusahaan besar seperti IBM, Microsoft hingga SIEMENS pernah menjadi korbannya, beberapa situs milik pemerintah juga pernah mengalami serangan serupa dari hacker ini. Pada dasarnya, cara kerja hacker ini hanya dengan mengunggah dile x.txt atau x.html pada website yang diserang.

Telah ada beberapa hacker dan penggiat keamanan jaringan yang berusaha membongkar identitas hacker asal Indonesia ini karena tindakan–tindakan penyerangan yang tidak etis. Seorang insinyur di bidang keamanan komputer dari Pakistan menyatakan bahwa hmei7 berbasis di kota Malang, Jawa Timur dan menjalankan bisnis di bidang pembuatan website. Siapapun orangnya, setiap pemilik website wajib memperhitungkan tingkat keamanan website miliknya agara terhindar dari tindak kejahatan online ataupun serangan dari hacker.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *