Sapu-Sapu Hard Disk Dari Sampah

By on April 12, 2015
3. Sapu-Sapu Hard Disk Dari Sampah 1

Percaya atau tidak, hard disk Anda pasti penuh dengan sampah-sampah yang sangat mengganggu. Sampah-sampah tersebut bukan sampah plastik melainkan file-file yang tak berguna, sisa prosesor uninstall, serta program-program yang meninggalkan jejak. Sampah pada hard disk komputer Anda ini walaupun tidak Anda lihat dan jumlahnya juga relatif kecil jika dibandingkan dengan kapasitas hard disk masa kini, namun cukup mengganggu. Selain membuat lambat kinerja komputer Anda dan bahkan bisa membuat crash karena bisa saja sampah-sampah tersebut termasuk pula file-file dari suatu virus yang berbahaya.

Selain itu sampah pada hard disk juga bisa terjadi karena lamanya Anda memakai komputer Anda tersebut. File-file temporary dari proyek yang Anda kerjakan, dari file-file yang pernah Anda  buka bisa saja memenuhi hard disk dan menjadi sampah. Oleh sebab itu ada baiknya Anda selalu rutin membersihkan hard disk Anda dari sampah dan untuk melakukannya ada beberapa cara.

Yang pertama, manfaatkan program bawaan dari Windows di komputer Anda. Program yang didesain khusus untuk Windows tersebut jauh lebih baik dari program third party karena program ini akan membiarkan file-file yang sekiranya akan dipergunakan oleh Windows walaupun terkesan sebagai sampah. Jika Anda memanfaatkan program dari pihak ketiga, maka program tersebut akan menghapus file-file yang lama sekali tidak diakses dan dianggap sampah. Folder-folder yang biasanya menjadi sasaran program Disk Cleanup bawaan Windows ini antara lain folder temp, folder sampah, dan berbagai folder file system yang tak berguna.

Untuk mengakses program disk cleanup ini Anda hanya cukup buka Start Menu dan langsung ke Disk Cleanup. Akan ada banyak sekali ruang yang bisa Anda selamatkan dan bisa Anda pergunakan untuk menyimpan data-data yang lain. Selain menghemat ruang, dengan membersihkan file-file sampah, maka komputer Anda akan bekerja lebih kencang.

Selain mempergunakan Disk Cleanup, Anda juga bisa menghemat banyak ruang di hard disk dengan cara menghilangkan program-program yang  tak Anda perlukan. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah uninstall program yang sudah ketinggalan jaman, tidak pernah Anda pergunakan atau program yang tak Anda sukai. Dengan begitu Anda akan menghemat beberapa Gigabyte ruang penyimpanan yang bisa dipergunakan untuk menyimpan data yang lain.

Anda juga bisa menghapus data-data yang tak Anda pergunakan seperti file-file lama, file film yang biasanya berukuran besar, lagu-lagu dan foto-foto kenangan dengan mantan Anda. Lebih baik Anda simpann file-file tersebut dengan cara burn di CD atau Anda pindahkan ke media lain seperti hard drive external dengan kapasitas besar atau sebuah flash yang saat ini sudah mempunyai kapasitas lebih dari 32GB. Dengan begitu komputer Anda akan bebas dari file sampah dan bekerja lebih cepat.

Hard Disk

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *