Samsung Patenkan Lensa Kontak Pintar Yang Bisa Memfoto

By on April 8, 2016
Samsung smart contact lens

Jika beberapa produsen smartphone sedang berlomba unutk menciptakan perangkat acamata pintar seperti Google Glass, Samsung justru memilih jalan lain. Perusahaan asal Korea Selatan ini lebih memilih untuk mengembangkan lensa kontak pintar atau smart contact lens.

Lebih lajut lagi, perangkat smart contact lens milik Samsung ini nantinya akan dibekali dengan kemampuan untuk mengambil gambar dengan hanya menggunakan kedipan mata.

Seperti dilansir dalam Daily Mail, mengenai keseriusan Samsung untuk membangun perangkat smart contact lens, perusahaan ini dikabarkan sudah mematenkan desain perangkat tersebut yang sudah dibekali dengan kamera, layar, sensor pendeteksi gerakan dan tentu saja antena mikro.

Tidak hanya dapat dikendalikan dengan kedipan mata, smart contact lens dari Samsung ini pun dikabarkan mampu mengirimkan gambar yang diambilnya kepada perangkat pendamping lainnya, seperti smartphone atau perangkat lainnya.

Sayang, hingga kini belum jelas apakah lensa kontak pintar milik Samsung ini akan benar-benar terwujud dalam produk nyata atau tidak. Tapi yang jelas, kalau sampai produk ini dihadirkan ke pasaran, kemungkinan besar publik akan menolaknya dengan alasan privacy.

Kasus ini sendiri sebelumnya pernah menerpa Google Glass, dimana banyak penolakan yang terjadi pada perangkat ini karena dituding akan digunakan untuk mengambil gambar secara diam-diam, digunakan untuk membajak film atau pelanggaran privacy lainnya.

Samsung smart contact lens1

Sebenarnya tidak hanya Samsung saja yang sudah merencanakan untuk membuat smart contact lens, Google pun pernah mengajukan paten untuk perangkat serupa. Hanya saja, smart contact lens milik Google ini memiliki fungsi untuk memonitor kadar gula penderita diabetes.

Tidak hanya itu, Google pun saat ini sedang berencana untuk menanam kamera di lensa kontak khusus untuk tuna netra. Jika smapai ini terjadi, tentu ini kabar baik untuk dunia kesehatan, dimana dengan alat tambahan, masalah penglihatan bisa diatasi dengan mudah.

So, bagaimana dengan anda? Apakah anda lebih setuju dengan smart contact lens ala Google atau lebih memilih smart contact lens versi Samsung?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *