Samsung menjadi Vendor Ponsel paling Untung

By on July 29, 2013
74.Samsung-menjadi-Vendor-Ponsel-paling-Untung_2

Jika berbicara mengenai vendor ponsel besar, tentunya ada beberapa nama yang akan muncul. Akan tetapi jika berbicara mengenai vendor ponsel yang paling untung, tampaknya Samsunglah jawabannya. Hingga saat ini popularitas Samsung memang terus menanjak. Bahkan vendor ini telah sukses merangkul berbagai pasar, mulai dari pasar menengah ke bawah hingga pasar high end.

Kualitas barang dan inovasi yang terus berjalan adalah senjata utama Samsung dalam memikat para konsumennya. Namun yang paling menarik dari Samsung adalah segmentasi harganya yang mampu merangkul pasar apa saja. Meski popularitas Apple juga tinggi, namun tampaknya kini Samsunglah yang menjadi jawara di pasar ponsel. Bahkan Samsung kini berhasil menjadi vendor ponsel yang sukses meraup keuntungan paling tinggi.

Dominasi Apple telah Digantikan oleh Samsung

Beberapa waktu yang lalu Apple memang menjadi vendor dengan keuntungan paling tinggi di pasar ponsel. Produknya selalu laris di pasaran, bahkan setiap kali ada rilis produk baru ada begitu banyak konsumen yang rela mengantre untuk mendapatkan produk tersebut. Pada kuartal II, Apple hanya berhasil membukukan keuntungan sebesar USD 3,2 miliar dari hasil penjualan iPhone. Angka ini jauh di bawah Samsung yang berhasil membukukan keuntungan sejumlah USD 5,2 miliar dari hasil penjualan smartphone dan feature phone pada periode yang sama.

Meski Apple kalah dalam persaingan, produk-produk Apple tetap menjadi produk yang banyak dicari oleh para pengguna gadget. Bahkan iPhone masih tetap dinilai sebagai smartphone canggih dan bergengsi. Jika mengingat kemampuan dan desain produk, Apple memang selalu berhasil memikat banyak orang. Akan tetapi jika berbicara mengenai jumlah model ponsel yang disediakan, Apple jelas kalah jauh dari Samsung.

74.Samsung-menjadi-Vendor-Ponsel-paling-Untung_1

Strategi Kesuksesan Samsung

Kesuksesan Samsung dalam meraih keuntungan paling tinggi memang tidak terlepas dari teknik pemasarannya yang tidak hanya fokus pada pasar tertentu saja. Untuk memikat pelanggan, Samsung sengaja mengeluarkan banyak model ponsel untuk kelas pengguna manapun. Strategi ini memang merupakan ide yang cukup cerdas, terlebih mengingat akan beragamnya tipe-tipe dan kebutuhan pengguna. Selain itu Samsung juga berhasil memangkas biaya produksinya sehingga produk-produknya memiliki harga yang lebih terjangkau.

Pada sisi yang berseberangan, Apple justru harus mampu mengalahkan Samsung dengan strategi yang serupa. Agar para pengguna iPhone tidak lari, Apple harus mampu menekan biaya produksinya. Bahkan untuk menekan harga jual iPhone pihak Apple harus mengecilkan margin keuntungannya. Sebagai perbandingan, smartphone iPhone yang saat ini beredar di pasaran dibanderol dengan harga USD 581 dari yang sebelumnya dihargai USD 613.

Jika berbicara mengenai margin keuntungan, Samsung sebenarnya juga tidak memiliki margin keuntungan yang besar. Namun Samsung sengaja memproduksi produknya dalam volume yang besar dan dengan kontrol ongkos produksi yang ketat. Karena itulah pihaknya mampu mempertahankan harga dan pelanggan setianya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *