Samsung Kalah Oleh Smartwatch Ini

By on December 10, 2015
3. Samsung Kalah Oleh Smartwatch Ini 1

Smartwatch atau jam tangan pintar saat ini menjadi salah satu gadget yang tidak asing di kalangan pengguna gadget. Banyak orang yang menggunakannya dan banyak pula produsen yang membuat berbagai varian jam tangan pintar ini. Namun, bila Anda melihat data dari riset yang dilakukan International Data Corporation (IDC) maka ada hal unik yang dapat Anda temukan disana.

Menurut IDC, produk Smartwatch yang paling laku dan terkenal di Tiongkok bukanlah berasal dari brand besar. Banyak produsen lokal yang bahkan mampu mengalahkan brand-brand besar tersebut, seperti BBK dengan jam tangan pintar XTC Y01 mereka.

Jumlah penjualan jam tangan pintar XTC Y01 ini bahkan melebihi jumlah penjualan produk serupa buatan Samsung. XTC Y01 berhasil terjual sebanyak 700.000 unit sedangkan Smartwatch buatan Samsung hanya terjual sebanyak 100.000 unit saja. Namun, produk jam tangan pintar XTC masih kalah dari sisi jumlah penjualan dengan 3 brand lainnya. Misalnya jam tangan pintar Fitbit yang mencapai 4,7 juta unit, Apple 3,9 juta unit dan Garmin 900 ribu unit.

Meskipun diproduksi oleh brand yang tidak terlalu terkenal, namun produk XTC Y01 ini mempunyai fitur yang cukup lengkap. Produk ini membidik pasar anak-anak, sehingga fitur yang ada didalamnya juga ramah anak serta mampu memberikan perlindungan lebih terhadap anak.

Salah satu fitur unggulan dari Smartwatch ini adalah fitur GPS yang ada didalamnya. Fitur ini mampu digunakan untuk melacak keberadaan sang anak yang mengenakan gadget ini. Jam tangan pintar ini juga dapat digunakan dengan gadget yang menggunakan OS Android maupun iOS. Fitur lainnya yang juga ada di dalamnya adalah micro chatgroup chatreminder hingga parental controls.

Untuk harga, Smartwatch dari BBK ini dijual dan dipasarkan di Tiongkok dengan harga 796 Yuan atau sekitar US$ 125. Harga ini tergolong murah bila dibandingkan pesaing dari brand lainnya. Mungkin hal ini pula yang menjadikan produk ini lebih laku daripada brand besar seperti Samsung.

Samsung sendiri, sejatinya sudah mempromosikan produk Smartwatch mereka dengan cukup efektif. Misalnya dengan program sale yang dilangsungkan pada 2 Oktober di Amerika Serikat. Setelah itu, program yang sama juga dilangsungkan pada 12 November di Inggris.

Program diatas memang bertujuan untuk mendongkrak penjualan dari gadget Smartwatch Samsung terbaru, yaitu Samsung Gear S2. Sayangnya, rencana tersebut tampaknya belum menemui hasil yang memuaskan hingga akhir bulan ini. Penjualan dari produk terbaru Samsung ini masih belum menunjukkan peningkatan yang berarti.

Belum ada informasi, apakah Smatwatch XTC Y01 ini akan dipasarkan di luar Tiongkok, khususnya Indonesia. Tentunya, bila hal ini dapat terwujud, maka para pengguna gadget di Indonesia akan kedatangan satu lagi pilihan unik diantara banyak jenis gadget yang dapat mereka gunakan.

Smartwatch

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *