Samsung dan Apple Sama-sama Kuasai Pasar Utamanya

By on March 2, 2016
samsung-vs-apple

Sepertinya dominasi Apple dan Samsung di dunia gadget sudah tidak bisa dibantah lagi. Walaupun begitu, ternyata pertarungan mereka ini tidak dimenangkan oleh keduanya. Pasalnya, kedua perusahaan ini sama-sama memiliki pasar sendiri, dan sama-sama menguasainya.

Seperti dilansir dalam GSM Arena, berdasarkan riset pasar yang dilakukan Kantar Worldpanel, Amerika lebih memilih gadget Apple sebagai salah satu smartphone yang mereka gunakan, setelah itu baru Samsung dan Motorola yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, untuk 5 negara besar di Eropa atau yang dikenal dengan EU5, yakni Perancis, Spanyol, Jerman, Italia dan Inggris, Apple dan Sony hanya mampu meraih peringkat dua dan tiga, sedangkan Samsung kokoh di puncak dengan dominasi perangkatnya.

Untuk pasar terbesar smartphone di Asia, China lebih memilih Apple sebagai smartphone utamanya, setelah itu baru nama Huawei berada diposisi kedua dan Samsung hanya sanggup mendapatkan posisi ketiga di negara tersebut.

Uniknya lagi, laporan ini pun mencatat jika 46 persen dari seluruh pengguna smartphone di Amerika Serikat, ternyata hanya berencana untuk memperbarui smartphone mereka dalam 12 bulan mendatang. Hal yang sama pun dilakukan sebanyak 48 persen masyarakat di EU5, dan 28 persen di China.

Carolina Milanesi, selaku kepala riset dari Kantar Worldpanel, menyatakan jika dominasi Apple dan Samsung sama-sama kuat di wilayah utama mereka. Sementara itu, Motorola sendiri hanya dipilih oleh 6 persen pengguna smartphone Amerika, yang diikuti LG sebanyak 5 persen.

Dengan melihat data ini, negara-negara maju seperti Amerika dan EU5, kedua wilayah ini seolah sedang menunjukan titik jenuh dengan smartphone berspesifikasi tinggi, sehingga mereka lebih fokus mengejar merek ketimbang spesifikasi yang lebih gahar dan harga murah.

Kondisi ini mau tidak mau akan membuat produsen smartphone lainnya harus bekerja lebih keras lagi untuk membujuk pengguna smartphone supaya mereka mau membeli inovasi baru mereka tawarkan dan menghancurkan dominasi para loyalis merek dipasar tersebut.

Walaupun begitu, secara keseluruhan Samsung masih menjadi raja dunia gadget secara global dengan distribusinya yang hampir merata disemua wilayah, baik Eropa, Asia ataupun Amerika. Tapi secara penguasaan pasar utama, Samsung dan Apple bisa dikatakan imbang.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *