Sama Seperti Apple, Amerika Ingin Retas Juga WhatsApp

By on March 16, 2016
whatsapp 2

Belum juga lidah kering membicarakan kasus permintaan peretasan iPhone milik teroris San Benardino oleh FBI, sekarang pemerintah Amerika melalui Department of Justice (DOJ), dikabarkan akan menjadikan WhatsApp sebagai salah satu target baru mereka dalam hal peretasan.

Seperti yang dilansir dalam The Next Web, dalam sebuah kasus baru yang tengah bergulir, baru-baru ini hakim federal Amerika resmi menyetujui penyadapan WhatsApp untuk keperluan penyelidikan beberapa kasus yang dilimpahkan kepadanya.

Tapi sayang aksi penyadapan tersebut tidak bisa dilakukan akibat adanya sistem enkripsi dua arah yang dilakukan oleh WhatsApp. Bahkan bisa jadi, upaya peretasan WhatApp ini akan mengalami jalan buntu karena kuatnya sistem pertahanan yang dibangun perusahaan tersebut.

Sistem end-to-end encryption tersebut membuat hanya pengirim dan penerima pesan saja yang akan mampu mengetahui isi pesan tersebut secara gamblang. Sedangkan di sisi lain, pihak WhatsApp sendiri tidak bisa mengetahui pesan apa saja yang dikirimkan dan dibaca oleh penggunannya.

Hingga saat ini pihak DOJ sendiri masih terus berupaya supaya penyadapan ini bisa berlangsung sesuai dengan keinginan. Hal inilah yang membuat beberapa pihak akan memprediksi jika DOJ berpeluang besar untuk memaksa WhatsApp memberikan data yang diperlukan.

Tentu saja semua data tersebut akan diperoleh lewat peretasan aplikasi chattingnya sendiri. Tapi yang paling emnarik, pihak DOJ sempat mengatakan jika kasus yang sedang ditanganinya ini bukan lah kasus terorisme seperti kasus Apple vs FBI yang jerjadi baru-baru ini.

Dalam kasus sebelumnya, salah satu petinggi Facebook di Brazil telah di tahan oleh kepolisian setempat pada awal Maret kemarin karena dia tidak bersedia memberikan informasi mengenai data chatting dari WhatsApp yang diminta oleh hakim.

2.WhatsApp Versi Beta untuk Android Mulai Dirilis1

Padahal data WhatsApp tersebut rencananya akan mereka gunakan untuk investigasi kasus jual beli narkoba disana. Yang jadi pertanyaan, apakah pemerintah Amerika pun akan mengikuti jejak pemerintah Brazil yang menahan petinggi Facebook selaku pemilik WhatsApp akibat putusan DOJ ini?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *