Rumor Bisnis Komputer dan Perubahan Zaman

By on June 25, 2013
Rumor-Bisnis-Komputer-dan-Perubahan-Zaman-1

Zaman berkembang dengan sangat cepat dan hal ini turut menyebabkan beberapa perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia. Perubahan dan perkembangan zaman juga mempengaruhi bisnis PC desktop atau komputer meja. Lambat laun produksi komputer semakin lama semakin menurun. Penurunan ini terjadi baik dari sektor produksi maupun dari segi penjualan yang mempengaruhi pasar komputer, bahkan kini Anda bisa membeli PC spec 5 juta-an yang sudah sangat canggih. PC desktop sangat berjaya di zamannya, namun memasuki tahun 2013 penjualan PC desktop semakin menurun.

Banyak konsumen beralih menggunakan laptop atau tablet. Bahkan tablet dianggap menjadi ancaman terbesar PC desktop saat ini. Tak ayal banyak berkembang isu panas yang mengatakan bahwa sejumlah pabrikan komputer mulai mengalihkan produksi mereka ke tablet dan mulai meninggalkan bisnis PC desktop. Rumor ini juga turut menerpa perusahaan elektronik dan komputer ternama asal negeri ginseng, Samsung. Samsung telah lama bermain di sektor bisnis eletronik dan komputer. Samsung kini disorot karena sukses bermain di sektor telekomunikasi dimana Samsung menjadi salah satu pimpinan di pasar telepon pintar atau smartphone. Lalu bagaimana tanggapan pihak Samsung terkait rumor yang menyatakan bahwa Samsung akan meninggalkan bisnis komputer atau PC desktop mereka?

Sanggahan Samsung terhadap Rumor yang Berkembang

Samsung menyanggah keras bahwa mereka akan meninggalkan bisnis PC desktop dan mulai fokus terhadap produksi tablet. Menurut Samsung, walaupun penjualan PC desktop menurun pada kuartal tahun 2013, namun mereka tidak akan meninggalkan bisnis ini begitu saja. Kabar yang berkembang khususnya di Korea Selatan mengatakan bahwa Samsung akan mulai menutup divisi perakitan komputer meja atau PC desktop dan fokus untuk merambah ke produksi komputer yang lebih modern.

Rumor ini kian berkembang setelah pemerintah Korea Selatan berbicara kepada Samsung bahwa industri komputer meja hanya diperuntukkan bagi perusahaan berskala kecil. Dalam sanggahan yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak Samsung, mereka juga turut memperjelas posisi mereka di pasar PC desktop. Menurut Samsung, rumor yang mengatakan bahwa Samsung ingin meninggalkan bisnis PC desktop adalah sangat tidak mendasar. Samsung mengatakan bahwa mereka akan terus mengembangkan dan menawarkan produk PC desktop di pasaran.

Kondisi Pasar Komputer

Rumor-Bisnis-Komputer-dan-Perubahan-Zaman-2

Kondisi pasar komputer di seluruh dunia juga sedang mengalami penurunan. Apabila dibandingkan dengan jumlah penjualan PC desktop pada kuartal pertama tahun lalu, maka jumlah penjualan PC desktop pada kuartal pertama tahun ini mengalami penurunan hingga 13%. Hal ini terjadi karena jumlah permintaan terhadap PC desktop mengalami penurunan. Sedangkan di sisi lain, permintaan pasar akan produk tablet ataupun laptop pintar ‘all in one’ kian meningkat pesat. Bahkan penjualan tablet meningkat hingga lebih dari 100% dibandingkan dengan penjualan di tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi pasar PC desktop turut tergerus akibat adanya perubahan dan perkembangan zaman.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *