Resmi Dicaplok Foxconn, Sharp Fokus Bikin Layar IGZO

By on April 3, 2016
sharp foxconn1

Terhitung sejak pertengahan Februari 2016 kemarin, Sharp resmi menjadi miliki Foxconn. Walaupun begitu, hingga kini belum ada penandatanganan akuisisi tersebut, dan nilai resmi akuisisi Shap oleh Foxonn pun belum dibuka ke publik.

Tapi sekarang, di awal bulan April ini, segala urusan mengenai bisnis kedua perusahaan teknologi lintas negara tersebut mulai jelas. Foxconn secara resmi dikabarkan berhasil mencaplok Sharp dengan mahar USD 3,5 miliar atau setara dengan Rp 46 triliun.

Angka yang diungkap tersebut jauh lebih rendah ketimbang rumor sebelumnya yang menyatakan jika perusahaan teknologi asal Jepang tersebut akan dibeli dengan mahar paling rendah Rp 74 triliun, dan aling tinggi sebesar Rp 83 triliun.

Seperti dilansir dalam Reuters, Terry Gou, selaku CEO Foxconn, menyatakan jika pihaknya sangat senang karena bisa mengakuisisi perusahaan sebesar Sharp. Sekarang, pihaknya pun sudah memiliki rencana untuk membawa Sharp kembali untung.

Mengenai sektor bisnis yang akan digarap Sharp, Terry menyatakan jika perusahaan tersebut akan lebih fokus memproduksi teknologi layar IGZO, atau indium gallium zinc oxide, yang selama ini banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar, seperti iPad besutan Apple.

Menurut Terry, IGZO memiliki banyak sekali kelebihan, bahkan jauh lebih baik ketimbang layar OLED. Lebih lanjut lagi, Terry menyatakan jika teknologi layar IGZO miliknya ini lebih ramah terhadap mata, dan jauh lebih efisien dalam hal penggunaan energi.

sharp foxconn

Bahkan Terry mengharapkan agar Sharp bisa mampu memproduksi sebanyak 60 persen layar dengan teknologi IGZO, dan 40 persen lainnya dialokasikan untuk memproduksi layar OLED. Semua itu dilakukan agar Sharp kembali hidup dan disegani di dunia teknologi mobile.

Seperti kita ketahui, dalam beberapa tahun terkahir ini Sharp memiliki kesulitan untuk bersaing di Industri Mobile. Padahal sebelumnya, perusahaan asal Jepang ini dikenal dengan produksi layarnya yang spketakuler, terutama untuk perangkat televisi.

Akankah Foxconn mampu mampu membawa kembali Sharp ke era kejayaannya dulu, sekaligus membuat produk-produknya lebih ramah di kantong? Kita nantikan saja bagaimana pergerakan Sharp rasa Taiwan ini di masa depan nanti.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *