Resiko Panas yang Berlebihan Pada Gadget

By on August 20, 2013
32.-Resiko-Panas-yang-Berlebihan-Pada-Gadget-01

Panas menjadi salah satu masalah yang lazim ditemui pada peralatan yang menggunakan energi listrik dan melakukan kegiatan komputasi tingkat tinggi, atas alasan itu pulalah ponsel seringkali mengalami peningkatan suhu ketika digunakan ataupun pada saat pengisian baterai. Panas yang berlebihan akibat penggunaan ataupun pada saat pengisian baterai dapat merusak ponsel atau gadget yang lain, pada kondisi panas yang ekstrim maka gadget memiliki resiko meledak akibat panas yang berlebihan.

Beberapa Pertanyaan Terkait Kenaikan Suhu Pada Gadget

Kondisi tersebut seringkali berujung pada pertanyaan pengguna gadget terkait dengan resiko kerusakan atau meledaknya gadget, apakah gadget hanya boleh digunakan pada saat kondisi dingin ataukah gadget yang mengalami kenaikan suhu pada saat pengisian baterai harus didinginkan terlebih dahulu?

Beberapa pengguna gadget terbiasa langsung menggunakan gadget meskipun sedang terasa panas akibat proses pengisian baterai ataupun membiarkan gadget yang sedang diisi baterainya menjadi panas dan kemudian ditinggalkan begitu saja sampai baterai terisi penuh.

Meskipun begitu ada pula pengguna gadget ataupun ponsel yang buru –  buru mendinginkan gadget yang terasa panas ketika digunakan ataupun sedang dalam proses pengisian baterai karena takut mengalami overheat dan beresiko meledak. Berikut ini terdapat beberapa informasi penting terkait dengan kenaikan suhu pada gadget serta seberapa panas yang dinyatakan akan memberikan resiko kerusakan akibat pemanasan ataupun resiko terjadinya ledakan yang akan merusak gadget serta membahayakan penggunanya.

Definisi Panas Pada Gadget Serta Resiko Yang Mungkin Muncul

32.-Resiko-Panas-yang-Berlebihan-Pada-Gadget-02

Definisi kenaikan suhu atau panas yang membahayakan atau beresiko akan merusak gadget ataupun menimbulkan resiko cedera pada penggunanya adalah kondisi panas yang amat sangat atau luar biasa, kondisi panas luar biasa tersebut kira – kira berada pada kisaran 50 derajat celcius ke atas.

Kondisi gadget yang dapat dibilang hangat atau kira – kira sehangat air suam – suam kuku masih dalam kategori aman dan tidak membahayakan gadget ataupun penggunanya, jika gadget terasa sangat panas hingga diperkirakan dapat membakar kulit yang menyentuhnya maka Anda sebagai pengguna sebaiknya segera menjauh dari gadget dan mematikan atau memutus sumber listrik jika memungkinkan. Salah satu contoh terparah adalah kejadian ketika Samsung Galaxy S4 yang terbakar dan mampu menghanguskan apartemen.

Pada saat proses pengisian baterai, kondisi baterai dan juga gadget yang mengalami kenaikan suhu adalah normal jika tidak melebihi suhu sekitar 40 derajat celcius. Kenaikan suhu hingga kisaran suhu tersebut tidak akan mebahayakan gadget dan juga pengguna, Anda sebagai pengguna gadget juga harus memperhatikan kenaikan suhu secara seksama jika gadget Anda menggunakan cover atau pelindung dari plastik ataupun karet yang merupakan isolator panas karena akan membuat persepsi atau deteksi panas yang dirasakan menjadi kurang akurat.

Sebaiknya gadget tidak dicharge ketika Anda tidur karena proses pengisian baterai tidak dalam pengawasan, jika terpaksa proses pengisian baterai dilakukan pada saat Anda tidur maka dianjurkan untuk menjauhkan gadget dari benda lain yang mudah terbakar atau tempat tidur dan disarankan untuk mengisi baterai dengan gaget pada kondisi off atau mati. Salah satu cara pencegahan kondisi panas dari gadget sudah dilakukan yakni dengan menggunakan sistem pendingin liquid.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *