Project Loon Tidak Masuk Akal!

By on March 5, 2015
2. Project Loon Tidak Masuk Akal! 1

Google telah banyak melahirkan inovasi dalam dunia teknologi. Mulai dari Google Map hingga sistem operasi Android yang banyak digunakan gadget terbaru saat ini. Yang paling baru, Google berencana untuk memperluas jaringan internet berkecepatan tinggi ke seluruh dunia dengan menggunakan balon udara. Proyek yang terlihat luar biasa ini dinamakan Project Loon.

Banyak orang pesimis bila proyek yang sudah direncanakan dan dikerjakan sejak tahun 2013 ini akan berhasil. Salah satunya adalah CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Zuckerberg beranggapan bahwa proyek yang dikerjakan Google ini sangat tidak masuk akal. Hal ini disampaikannya saat berbicara di Mobile Wolrd Congress 2015 di Barcelona.

Zuckerberg mengungkapkan bila proyek ini hanya membuang-buang biaya dan tenaga. Selain itu, dia mengatakan proyek ini sangat berlebihan karena tidak cocok dengan kondisi saat ini. Saat ini, teknologi yang biasa yang disediakan oleh operator telekomunikasi sudah lebih dari cukup untuk menghadirkan koneksi internet yang orang butuhkan.

Kalaupun Google beralasan ingin memberikan akses telekomunikasi untuk orang-orang yang berada di daerah dimana sulit mendapatkan koneksi internet, Zuckerberg tidak setuju dengan hal ini. Terdapat cara lain yang lebih efektif untuk mengatasi masalah ini.

Menurutnya, salah satu cara yang paling efektif adalah membangun infrastruktur untuk kebutuhan telekomunikasi pelanggan baru dari operator penyedia jasa layanan internet ini. Setelah itu, pelanggan dapat menggunakan paket data yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Cara ini akan memberikan efek positif bagi pengguna internet maupun penyedia layanan.

Bila tujuan utama Google membangun Project Loon ini untuk menyediakan layanan internet secara gratis, Zuckerberg pun mengatakan hal ini tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Saat ini, sudah banyak orang yang sudah menggunakan layanan data dari operator penyedia layanan internet. Bahkan, pengguna layanan suara dan SMS semakin meningkat dari hari ke hari. Mereka juga tidak segan untuk membayar lebih mahal untuk kualitas layanan yang lebih baik.

Bos Facebook ini juga menyarankan agar para operator penyedia jasa layanan internet tidak perlu khawatir akan merugi, bila proyek Google ini benar-benar terwujud. Menurutnya, saat ini ARPU (Average Revenue Per User) masih sangat menjanjikan dan menunjukkan tren kenaikkan. Negara-negara berkembang, seperti Kolombia juga menunjukkan tanda perkembangan yang baik ini.

Meskipun pernyataan Mark Zuckerberg ini bertentangan dengan proyek balon milik Google, namun, bukan berarti Project Loon ini benar-benar tidak efektif. Mungkin saja dalam pelaksanaannya nanti, proyek ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk masyarakat dunia. Hal ini juga sama dengan ide Google saat ingin membuat peta 3D real time dengan mobil Google yang berkeliling ke berbagai jalanan di seluruh dunia. Saat ini, inovasi buatan Google ini bahkan menjadi salah satu inovasi paling membantu untuk para pengguna gadget dan juga turis.

project loon, intel, google, smartphone, teknologi

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *