Produsen Arloji Mewah Terancam Oleh Wearable Device

By on July 8, 2014
1. Produsen Arloji Mewah Terancam Oleh Wearable Device 2

Geliat produsen-produsen smartphone ternyata dianggap menjadi ancaman yang serius bagi para produsen arloji mewah seperti Tag Heuer, Rolex, dan banyak merek lain. Hal ini dikarenakan para produsen smartphone semakin getol dalam membuat perangkat wearable device yang didalamnya termasuk perangkat jam tangan pintar. Para pembuat arloji konvensional mengaku agak khawatir dengan trend jam tangan pintar ini karena memang dari segi teeknologi, jam tangan pintar jauh lebih maju dan menawarkan banyak hal lain selain tanggal dan waktu.

Seperti diketahui akhir-akhir ini banyak sekali produk-produk jam tangan pintar yang beredar dipasaran maupun yang sedang dibuat oleh produsennya. Beberapa yang telah mengeluarkan perangkat jam tangan pintar adalah Samsung dengan Samsung Gear Live, LG dengan LG G Watch, Motorola dengan Moto 360, dan juga Sony. Bahkan sang pencipta Android sendiri telah meluncurkan OS Android khusus untuk jam tangan pintar yaitu Android Wear.

Banyaknya jam tangan pintar di pasaran ini belum diperparah dengan rencana Apple yang juga akan mengeluarkan perangkat jam tangan pintar yang akan diberi nama iWatch dan juga Microsoft yang masih merencanakan untuk merilis jam tangan pintarnya. Sementara itu masih banyak vendor-vendor lain yang diprediksi juga akan mengeluarkan perangkat wearable device mereka sendiri-sendiri. Banyaknya produsen jam tangan pintar inilah yang membuat produsen arloji mewah terancam keberadaanya.

Belum lagi fitur yang dibawa oleh perangkat jam tangan pintar tersebut jelas mengalahkan fitur yang dibawa oleh jam tangan konvensiona. Kabarnya jam tangan pintar telah dilengkapi dengan fitur untuk mendeteksi tekanan darah, denyut nadi, jumlah langkah kaki, jumlah pembakaran kalori sampai informasi yang mendeteksi kebugaran Anda seperti berapa banyak keringat yang telah Anda hasilkan.

Para produsen arloji mewah terancam juga karena ada banyak para pekerja fashion profesional yang telah dibajak oleh para produsen smartphone dan dijadikan ujung tombak dalam penjualan jam tangan pintar. Mereka antara lain adalah Paul Deneve dari CEO Yves Saint Laurent yang dibajak Apple bersama dengan CEO Burberry, Angela Ahrendts dan juga wakil presiden senior Tag Heuer, Patrick Pruniaux. Para pekerja fashion tersebut pasti akan mengeluarkan profesionalitas mereka untuk mendesain dan memasarkan jam tangan pintar keluaran Apple.

Karena hampir semua profesional fashion bekerja untuk Apple, maka produsen arloji mewah terancam dan  menganggap Apple adalah ancaman serius disamping serangan dari jam tangan pintar Android. Apple sendiri memiliki simbol kekuasaan dan kemewahan dan jika iWatch jadi diluncurkan akhir tahun ini maka ancaman keberadaan jam tangan konvensional akan mulai goyah. Namun yang sedikit melegakan adalah kemajuan teknologi belum bisa mengalahkan kemewahan dan prestige dari jam tangan mekanik mewah buatan Swiss yang dijual dengan harga $5.000.

jam tangan, smart watch, arloji mewah, jam

BACA JUGA:

Apple iWatch Dalam Uji Coba Atlit Profesional

Wearable Device Sony Menggoda Jakarta

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *