Processor 64-Bit pada Ponsel Pintar Android

By on September 16, 2013
Processor 64-Bit pada Ponsel Pintar Android

Dari San Fransisco diberitakan bahwa perangkat ponsel pintar Android akan mengalami kemajuan lagi di masa depan. Performa perangkat ponsel pintar Android ini akan semakin lebih tinggi setelah munculnya sebuah produk processor baru dengan nama processor 64-bit. Intel, Perusahaan semikonduktor mendukung akan penggunaan sistem operasi Android 64-bit.

Doug Fisher yang tak lain adalah Corporate Vice President dan General Manager Software dan Service Group Intel mengatakan bahwa perusahaanya akan menyediakan sistem prosesor terbaru ini untuk sistem operasi Android. Processor ini akan dapat mengakses RAM/ sistem memori dengan kapasitas lebih dari 4GB  yang terpasang di ponsel pintar Android.

Processor 64-Bit pada Ponsel Pintar Android

Penggunana processor ini pada ponsel bersistem operasi Android ini mampu meningkatkan performa dan kinerja aplikasi-aplikasi pada mobile phone lebih baik lagi. Tak hanya itu saja, peran pentingnya processor ini tak lain juga dapat menyajikan konfigurasi memori pada ponsel pintar Android. Peran penting processor 64-bit lainnya yaitu dapat membuka jalan bagi video dengan Ultra-HD pada perangkat mobile Smartphone.

Banyaknya ponsel pintar dan gadget lain seperti tablet menunjukan minat masyarakat dunia akan kebutuhan gadget perangkat mobile yang lebih kecil dan praktis yang mampu mengerjakan beragam aktivitas/ multi-tasking. Tentu dengan munculnya processor baru ini diharapkan akan mengoptimalkan semua aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar Android dan gadget-gadget lainnya yang bersistem operasi Android.

 Namun demikian, hingga saat ini Google masih belum menentukan secara resmi Android apa yang sesuai dengan format processor 64-bitini. Ponsel pintar dan gadget Android yang kini ada di pasaran umumnya masih menggunakan processor 32-bit. Apple yang menjadi pertama menggunakan prosessor 64 bit pada ponsel iPhone 5S. Perusahaan Apple menggunakan arsitektur ARM  untuk mendukung penggunaan processor ini.

Jenis processor ini wajib membutuhkan dukungan sistem operasi serta aplikasi lain agar dapat beroperasi dengan modus 64-bit. Sebenarnya processor ini dapat memberikan performa  yang lebih baik untuk semua jenis aplikasi yang boros akan sumber daya. Jadi aplikasi-aplikasi yang berat sekalipun akan tetap dapat dioperasikan dengan baik jika menggunakan processor 64-bit ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *