PowerBank Vodafone Kelas Dewa dari Vodafone Foundation

By on February 27, 2016
3. PowerBank Vodafone Kelas Dewa dari Vodafone Foundation 1

Vodafone Foundation membuat sebuah PowerBank yang mampu melayani kebutuhan akan pengisian ulang daya gadget dalam jumlah besar. PowerBank Vodafone ini mampu mengisi daya hingga 66 gadget.

Gadget kelas dewa ini memang dibuat untuk kebutuhan bagi pengungsi dan imigran. PowerBank yang ditampilkan pada Mobiel World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol ini dibuat utnuk mendukung komisioner tertinggi PBB untuk pengungsi (UNHCR). Mereka akan menggunakan gadget ini untuk daerah Lebos dan Samos, Pulau di Yunani yang menampung para pengungsi dari Timur Tengah.

Masalah yang sering terjadi pada daerah-daerah tersebut adalah kesulitan para pengungsi untuk mengisi ulang gadget mereka. Meskipun terdapat stop kontak atau sumber listrik yang dapat digunakan, namun jumlahnya yang terbatas membuat mereka harus rela antri berjam-jam. Dengan adanya PowerBank Vodafone ini, maka mereka tidak perlu lagi mengantri dalam waktu lama.

Ukuran PowerBank Vodafone ini terbilang sangat besar. Hal ini juga mempengaruhi beratnya yang mencapai 23 kilogram. PowerBank ini dapat dibagi menjadi 4 modul yang dapat digunakan oleh pengungsi. Dengan membaginya menjadi 4 modul, maka para pengungsi tidak perlu berdesakan saat mereka mengisi daya gadget mereka.

Untuk mengatur agar PowerBank ini dapat digunakan dan membaginya menjadi 4 modul, dibutuhkan waktu setidaknya 10 menit. Waktu ini terbilang cukup cepat, bila dibandingkan PowerBank berkemampuan tinggi lainnya. Jadi, hal ini akan mempermudah para petugas dari UNHCR untuk melayani para pengungsi.

Selain PowerBank Vodafone, pada MWC 2016, Vodafone juga mengenalkan gadget mereka yang juga berfungsi untuk tujuan yang sama. Gadget baru ini bernama Instant Classroom Lite. Seperti namanya, gadget ini dapat dikatakan sebagai kelas portabel. Gadget ini dibuat oleh Vodafone untuk melayani kebutuhan akan pendidikan dan pengajaran di daerah tempat para pengungsi.

Instant Classroom Lite mempunyai beberapa bagian. Pada bagian dalamnya, tersimpan beberapa laptop atau tablet PC yang terhubung dengan server, proyektor dan sound system. Gadget ini juga dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet 3G dan 4G.

Instant Classroom Lite sendiri sudah pernah digunakan di beberapa daerah pengungsian di Dadaab, Kenya. Di daerah ini, gadget buatan Vodafone ini berhasil membantu lebih dari 60.000 pengungsi yang membutuhkan pendidikan, setelah mereka kehilangan sekolah mereka sebelumnya.

Bila dilihat dari desainnya, Instant Classroom Lite ini tampak mempunyai desain yang kuat yang dapat digunakan di berbagai kondisi. Tentunya, hal ini juga sangat berguna untuk daerah-daerah yang mendapatkan musibah.

Di Indonesia sendiri, masih banyak daerah yang juga belum tersentuh oleh teknologi, akibat keterbatasn infrastruktur. Mungkin saja, dengan menggunakan PowerBank Vodafone dan Instant Classroom Lite, masalah ini dapat teratas. Dan, seluruh masyarakat Indonesia dapat terjamah oleh teknologi terkini, yang tentunya sangat berguna untuk masa depan mereka.

PowerBank Vodafone

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *