Ponsel Layar Warna Pertama

By on July 27, 2013
68. Ponsel Layar Warna Pertama_1

Saat ini ponsel tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi saja. Ponsel saat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bahkan termasuk fitur multimedia. Berkat fitur multimedia ini pengguna dapat menikmati berbagai konten multimedia seperti musik hingga menonton video. Namun tahukan Anda dari mana awal mula ponsel dengan teknologi layar warna muncul?

Ponsel layar warna pertama sebenarnya muncul pada tahun 1998. Pada saat itu dukungan warna yang dimiliki oleh ponsel memang masih cukup terbatas. Desain ponsel dengan layar warna tersebut juga masih tampak kuno. Akan tetapi dari sinilah awal mula ponsel layar warna bermula. Dimulai dari ponsel layar warna yang sederhana, akhirnya kini ponsel memiliki layar warna yang lebih kaya dan mampu menampilkan gambar dengan kombinasi warna yang jauh lebih hidup.

Siemens, Penggagas Ponsel Layar Warna

Pada tahun 1998 Siemens meluncurkan ponselnya yang bernama Siemens S10. Melalui Siemens S10 inilah Siemens berusaha menawarkan pengalaman berkomunikasi yang lebih baik. Layar ponsel ini telah mendukung beberapa warna. Akan tetapi warna yang didukung oleh ponsel ini memang masih cukup sedikit karena itulah banyak pihak yang mengatakan bahwa ponsel ini masih belum masuk ke dalam kategori ponsel dengan layar yang kaya warna.

68.Ponsel Layar Warna Pertama_2

Meski Siemens S10 masih memiliki kelemahan dalam hal jumlah warna yang didukung oleh layarnya, namun kehadiran ponsel ini mengawali ponsel-ponsel warna berikutnya seperti ponsel layar warna Sony Ericsson T68. Jika dibandingkan dengan Siemens S10, Sony Ericsson T68 memang lebih kaya warna. Ponsel ini telah hadir dengan layar CSTN 256 ribu warna. Resolusi layar ponsel ini adalah 101 x 80 pixel. Selain itu ponsel ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti WAP, email client dan masih banyak lagi.

Ponsel Pertama dengan Teknologi Layar TFT

68.Ponsel Layar Warna Pertama_3

Perkembangan ponsel layar warna semakin menanjak. Setelah Sony Ericsson sukses menawarkan ponsel dengan layar yang kaya warna, kini giliran Panasonic yang meluncurkan ponsel dengan teknologi layar warna yang jauh lebih canggih. Jika sebelumnya Sony Ericsson menawarkan ponsel dengan layar warna yang mendukung 256 ribu warna, Samsung menawarkan ponsel dengan kemampuan layar yang lebih tinggi lagi. Melalui Samsung SGH-T100 Samsung menawarkan ponsel dengan teknologi layar TFT LCD pertama. Ponsel ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 dan berhasil mengubah perkembangan teknologi ponsel warna.

Pada awalnya semua ponsel memang hadir dengan beberapa keterbatasan. Namun keterbatasan tersebut berhasil dikikis dan dilengkapi oleh vendor ponsel lain. Inilah yang menyebabkan perkembangan teknologi ponsel menjadi sangat cepat. Bahkan semenjak kehadiran layar warna, fungsi ponsel semakin melebar dan mampu mencakup beberapa aspek sekaligus.

Ponsel warna adalah salah satu awal mula dari fitur multimedia yang kini dikenal dalam perangkat smartphone. Tanpa kehadiran teknologi ini, fitur multimedia pada ponsel tidak akan sebaik saat ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *