PlayStation VR Muncul, Dunia Game Akan Berubah

By on September 22, 2015
Chris Kohler tries out Sony's Project Morpheus VR headset at GDC 2014. Photo: Josh Valcarcel/WIRED

Pada Tokyo Game Show (TGS) tahun ini, Sony menghadirkan teknologi unik yang menarik banyak perhatian para pengunjung dengan Project Morpheus mereka. Teknologi terbaru yang menghadirkan fitur Virtual Reality pada konsol game mereka menjadi lompatan besar dalam inovasi game yang mereka buat. Kabar terbaru, Sony tengah bersiap untuk meluncurkan produk yang menggunakan teknologi ini ke pasar. Produk yang dimaksud adalah PlayStation VR.

PlayStation VR merupakan produk yang dapat digunakan dengan konsol game generasi terbaru dari Sony, yaitu PlayStation 4. Produk ini akan dapat memberikan pengalaman unik dalam bermain game PlayStation 4, dimana pemain akan merasa sedang berada dalam game yang dimainkan.

Produk ini pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama dengan produk sejenis yang sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu, yaitu Oculus. Namun, dari sisi harga dan kualitas, banyak pengamat gadget dan pemain game yang setuju bahwa produk ini adalah salah satu yang terbaik. Hal ini tampak dari beberapa pemain yang mencoba produk ini di event TGS yang sangat puas dengan kinerja produk ini.

Pada event tersebut, para pemain mencoba beberapa game MMORPG dengan menggunakan PlayStation VR, seperti Final Fantasy dan lainnya. Hasilnya dapat dikatakan sangat mengesankan. Permainan terasa lebih nyata dan seru dengan penggunaan alat ini.

Selain kualitas, dari sisi harga, PlayStation VR juga akan lebih murah dari Oculus Rift. Satu unit perangkat Oculus dihargai sekitar US$1.500. Meskipun harga resmi dari PlayStation VR belum diumumkan, tetapi CEO Sony Computer Entertainment, Andrew House mengungkapkan bahwa harga produk ini akan sama dengan harga satu unit konsol game PS4. Artinya, bila kabar ini memang benar adanya, maka harga PlayStation VR sekitar US$400 atau sekitar Rp. 5,8 jutaan.

Harga dari PlayStation VR ini dapat dikatakan sangat terjangkau. Bahkan, harganya tidak sampai setengah dari harga Oculus Rift. Pihak Sony juga mengungkapkan bahwa harga yang dipatok untuk produk ini masih akan tetap terjangkau untuk para pengguna setia produk Sony. Dengan rencana Sony yang akan menjual produk ini secara komersil, diprediksikan bahwa VR akan mengubah cara bermain game di masa mendatang.

Pihak Sony sendiri mengungkapkan produk PlayStation VR ini belumlah sempurna. Masih dibutuhkan banyak penyempurnaan dan perbaikan, khususnya pada sektor hardware yang digunakan. Selain itu, Sony juga sedang mempersiapkan konten khusus yang dapat dimainkan dengan menggunakan PlayStation VR.

Tanggal resmi perilisan Sony PlayStation VR belum resmi diumumkan. Akan tetapi, pihak Sony sendiri mengungkapkan bila PlayStation VR akan tersedia dipasar pada pertengahan tahun 2015 mendatang. Waktu peluncuran produk ini diprediksi akan sama dengan peluncuran produk serupa dari Oculus dan HTC.

PlayStation VR

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *