Perbedaan Charger iPhone Original Dengan Charger iPhone KW

By on August 2, 2013
92.b.Perbedaan-Charger-iPhone-Original-Dengan-Charger-iPhone-KW

Telepon genggam pintar menjadi salah satu gadget atau prangkat elektronik yang paling populer dan sangat banyak digunakan di seluruh dunia, iPhone merupakan salah satu telepon genggam pintar yang memiliki banyak fungsi, fitur serta memiliki desain yang elegan sehingga memiliki banyak pengguna.

Meskipun harga iPhone cenderung lebih mahal dibandingkan dengan produk telepon genggam pintar lainnya, namun masih banyak orang yang memilih menggunakan produk ini karena keunggulan – keunggulan yang dimiliki, image produk yang sangat baik serta desain modern minimalis yang elegan. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna iPhone adalah sulitnya mendapatkan aksesoris iPhone asli seperti charger, banyak beredar charger iPhone palsu atau kw sehingga kemampuan untuk membedakan mana charger yang asli dan mana yg kw menjadi cukup penting.

Beda Tampilan Fisik Charger iPhone Original Dengan KW

Jika dilihat sekilas, kedua produk charger iPhone yang original maupun yang kw memiliki tampilan yang serupa, namun dengan pengamatan yang lebih detail makan akan ditemukan beberapa perbedaan di antara keduanya. Salah satu perbedaan yang paling mudah diamati adalah tulisan di bagian data spesifikasi produk dimana pada produk charger asli terdapat tulisan “Designed by Apple in California” sedangkan di produk charger iPhone kw terdapat tulisan “Designed by California”. Selain itu terdapat tulisan “Apple Japan” pada charger asli sedangkan pada charger kw tidak terdapat tulisan tersebut.

Perbedaan Komponen Charger iPhone Asli Dengan Charger KW

92.a.Perbedaan-Charger-iPhone-Original-Dengan-Charger-iPhone-KW

Pada bagian dalam dari charger iPhone yang asli dan charger kw ternyata juga menyimpan begitu banyak perbedaan komponen. Salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah komponen pada charger iPhone kw yang mengubah daya listrik input AC 100 – 240 volt menjadi 5 volt 1 ampere yang masuk ke batterai iPhone yang sedang di-charge sedangkan charger iPhone asli menggunakan catu daya dengan sistem flyback switching. Sistem flyback switching ini melakukan kinerja memutus dan menyambung aliran listrik 70.000 kali dalam satu detik untuk dikonversi menjadi voltase rendah menggunakan transformator flyback dan kemudian disaring untuk menghasilkan aliran listrik searah atau DC yang telah bebas dari interferensi.

Dari perbedaan komponen yang mendukung kinerja atau fungsi kedua charger iPhone tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa stabilitas aliran listrik yang didapatkan dari kedua charger tersebut adalah sangat berbeda. Keduanya memiliki keluaran aliran listrik DC 5 volt dan 1 ampere, tetapi charger iPhone asli memiliki aliran listrik yang stabil dan hampir bebas dari fluktuasi tegangan ataupun spike yang berefek terjadinya lompatan voltase ketika charger tengah digunakan untuk mengisi daya baterai iPhone. Fluktuasi voltase pada charger palsu berpotensi merusak perangkat iPhone yang tengah diisi daya listrik karena kualitas aliran listrik yang dihasilkan sangat buruk.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *