Perbedaan antara Android 4.3 dengan Android 4.2

By on July 30, 2013
Perbedaan-antara-Android-4.3-dengan-Android-4.2-1

Seiring dengan kemunculan Android 4.3, semakin banyak pula pengguna Android yang tertarik untuk menggunakannya. Namun masih ada beberapa orang yang masih ragu. Hal ini memang cukup wajar terlebih mengingat bahwa pada umumnya update terbaru memang masih memiliki beberapa kelemahan terutama dalam hal dukungan terhadap aplikasi lama yang telah terinstall pada perangkat smartphone. Hal ini tentu juga menjadi salah satu kekhawatiran pengguna Android 4.2 yang ingin upgrade ke Android 4.3.

Antara Android 4.2 dengan Android 4.3 sebenarnya memang tidak terdapat banyak perubahan. Namun keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan yang tampak mendasar. Dari sisi fitur, keduanya memiliki beberapa fitur yang khas. Bahkan ada beberapa fitur Android 4.2 yang masih dipertahankan dan ditingkatkan kemampuannya pada Android 4.3.

Fitur-Fitur Android 4.2

80.Perbedaan-antara-Android-4.3-dengan-Android-4.2_2

Android Jelly Bean 4.2 sebenarnya juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang menarik. Bahkan banyak fitur Android versi 4.2 yang lebih fokus dan sengaja ditujukan untuk para pengguna akhir. Hal ini tampak cukup berbeda dengan fitur-fitur baru Android versi 4.3 yang memang tampak lebih fokus pada pihak pengembang. Selain itu secara mendasar Android versi 4.3 lebih banyak melakukan beberapa peningkatan para fitur-fitur yang telah ada pada Android 4.2.

Beberapa fitur menarik yang ada pada Android 4.2 adalah Photo Sphere, Gesture Typing, One tablet Many Users, Wireless Display, Day Dream, Google Now, Magic Widget dan Beam Photo and Video. Fitur-fitur tersebut tentunya akan semakin memanjakan pengguna. Bahkan ada satu fitur yang menarik dari Android 4.2, fitur tersebut adalah Photo Sphere yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar panorama 360 derajat. Jika Anda pernah bermain-main dengan Google Street, kemampuan Photo Sphere ini kurang lebih mirip seperti itu.

Fitur Khas Android 4.3

80.Perbedaan-antara-Android-4.3-dengan-Android-4.2_1

Fitur-fitur baru pada Android versi 4.3 memang tampak berbeda dengan Android 4.2. Hal ini terlihat dari banyaknya pengembangan OS Android yang tampak lebih memudahkan pengembang untuk mengembangkan aplikasinya. Beberapa pengembangan yang terdapat pada Android 4.3 diantaranya adalah data notification access dan Digital Rights Management (DRM). Selain itu Android 4.3 juga telah mengembangkan fitur OpenGLES 3.0 pada platform Android 4.3.

Melalui ketiga fitur di atas tampaknya Google ingin memberikan kemudahan untuk para pengembang terutama dalam hal pengembangan softwarenya. Sebagai contoh berkat OpenGLES 3.0 pengembang game dapat mengembangkan game dengan kualitas grafis yang lebih baik dan berkat fitur data notification access pengembang dapat mengetahui penggunaan data yang dilakukan oleh pengguna melalui aplikasi-aplikasi tertentu. Dengan mengetahui penggunaan data pengguna, pengembang dapat mengetahui layanan atau penggunaan seperti apa yang biasa dilakukan oleh pengguna. Hal ini tentu akan semakin memudahkan pengguna dalam mengembangkan aplikasi yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Selain itu Android 4.3 juga memiliki beberapa desain yang sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya yakni Android versi 4.2.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *