Peran Konsol Game Kinect Xbox untuk Kesehatan

By on September 16, 2013
Peran Konsol Game Kinect Xbox untuk Kesehatan

Bagi Anda suka bermain game, tak hanya menyenangkan dan menghibur saja, melainkan juga dapat menyehatkan tubuh. Inilah yang akan Anda rasakan saat Anda bermain konsol game Xbox dari Kinect. Tahukah Anda, Kinect selain berperan sebagai alat pendeteksi pemain game, benda ini juga dapat digunakan sebagai alat pendeteksi denyut jantung.

Kinect biasanya digunakan oleh para pemain  saat mereka bermain game yang bertemakan kebugaran dengan menggunakan Xbox 360 dan juga Xbox One yang tidak lama lagi akan dirilis. Microsoft yang tak lain pembuat permainan ini mengkombinasikan Kinect ini dengan sebuah fitur monitor pendeteksi jantung untuk mengukur heart-rate. Gabungan dua fitur yang secara fungsinya sangat berbeda ini mampu memantau gerakan pemain. Ajaibnya lagi, dua fitur ini dapat memantau gerakan para pemain hingga jarak 4 meter. Dan menariknya lagi, Kinect mampu mendeteksi detak jantung empat pemain sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Kinect dapat digunakan untuk menghitung seberapa cepat darah yang dipompa oleh jantung serta berapa banyak denyut jantung setiap menitnya. Perubahan warna kulit yang terlihat pada tubuh pemain akan langsung dideteksi dan muncul di layar berkat fitur Kinect ini. Jadi kamera Kinect ini akan merekam perubahan warna kulit pada wajah. Warna kulit wajah ini kemudian menjadi dasar utama analisis kecepatan darah yang dipompa oleh jantung.

Jika kecepatan darah yang dipompa oleh jantung sudah diketahui, kamera Kinect ini akan langsung dapat menentukan  jumlah detak jantung setiap menit untuk melakukan satu gerakan yang berhasil terekam oleh kamera. Jumlah detak jantung bisa dilihat pada layar dalam bentuk skema. Tentu penemuan ini sangat luar biasa. Fitur Kinect ini sama fungsinya seperti alat kedokteran.

Tak hanya organ jantung saja yang dapat dideteksi dengan menggunakan kamera Kinect ini. Kamera canggih ini juga dapat mendeteksi otot pada tubuh. Otot yang paling sering digunakan serta kekuatan otot tersebut akan terpapar jelas pada monitor. Perubahan warna pada otot yang terlihat pada layar mengindikasikan bahwa otot tersebut sering digunakan bila dibandingkan dengan otot-otot lainnya. Kemudian warna terang pada otot yang terekam dalam layar menunjukan tekanan yang besar pada otot. Jadi semakin terang warna otot pada layar berarti semakin kuat otot tersebut. Merah menunjukan kekuatan pada otot, sedangkan warna hijau pada otot menunjukan kekuatan otot yang tak terlalu besar.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *