Penjualan iPhone Menurun, Tim Cook Salahkan Harga Terlalu Mahal

By on January 30, 2016
apple-tim-cook-750-750x422

Belakangan ini penjualan iPhone telah mengalami banyak penurunan. Kondisi ini tentu saja membuat gusar par apetinggi Apple. Pasalnya, produk jagoannya ini merupakan lumbung emas bagi perusahaan asal California ini.

Menanggapi hal ini, Tim Cook, sekalu CEO Apple Tim Cook, menyatakan jika Apple memang tengah mengalami masa penjualan yang kurang baik. Cook menilai jika penurunan ini lebih karena harga iPhone yang dinilainya terlalu mahal.

Cook beralasan jika mahalnya harga iPhone dikarenakan nilai tukar dolar yang begitu kuat. Hal ini mau tidak mau telah membuat perusahaannya harus manaikan harga ketika dijual ke negara lain. Mahalnya harga iPhone inilah yang membuat pelanggan enggan kembali kepada Apple.

Seperti dilansir dalam Business Insider, Cook mengakui jika Apple sekarang ini memiliki misi besar untuk mencetak rekor keuntungan sebesar-besarnya. Hanya saja, kalau harga yang dipatok iPhone terlalu tinggi, hal ini bisa menjadi bumerang. Bahkan lebih parahnya lagi, pelanggan bisa lari ke produsen lainnya.

Apalagi sekarang Apple sendiri terus menaikkan harga iPhone dari USD 687 menjadi USD 691. Kondisi ini mau tidak mau telah membuat konsumen yang tengah menderita karena ekonomi, tambahn menderita lagi karena harga iPhone yang kemahalan.

Lebih lanjut lagi, Cook menyebut jika beberapa negara pendulang untuk, seperti China, Rusia, Brasil, Jepang, Australia, Kanada, Turki dan negara-negara di Asia Tenggara, tengah mengalami perlambatan ekonomi. Hal ini secara tidak langsung telah membuat minta mereka tehrhadap iPhone sedikit menurun.

3. Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Antara iPad Pro dan Surface Pro 3 3

Kondisi ini semakin diperparah dengan gencarnya promosi para produsen smartphone Android yang terbilang sadis. Cook menganggap jika pemain Android terlalu berani menawarkan harga yang sangat rendah, sedang spesifikasi yang diberikan tergolong tinggi.

Kondisi seperti ini sebenarnya sudah diprediksi sebelumnya, di tahun 2014, banyak analis yang menyatakan jika iPhone akan mengalami perlambatan penjualan, kalau perusahaan pembuatnya, Apple, terus menerus mematok harga tinggi, sementara mereka sangat pelit dalam hal spesifikasi.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *