Pengguna Smarphone di Indonesia Rata-Rata Gunakan Smartphone 3 Jam Setiap Harinya

By on June 12, 2014
1. Pengguna Smarphone di Indonesia Rata-Rata Gunakan Smartphone 3 Jam Setiap Harinya 1

Smartphone memang menjadi perangkat multiguna yang sangat populer saat ini. Pengguna Smartphone di dunia sudah mencapai angka yang fantastis. Demikian juga di Indonesia. Perekonomian nasional yang semakin baik menyebabkan kebutuhan akan perangkat komunikasi khususnya Smartphone semakin meningkat. Gaya hidup masyarakat modern yang kini dialami oleh masyarakat Indonesia juga turut mempengaruhi banyaknya pengguna ponsel pintar di Tanah Air. Para pengguna Smartphone di Indonesia rata-rata menghabiskan sekitar 189 menit atau setara dengan 3 jam setiap harinya. Data ini didapatkan dari sebuah survey  yang dilakukan oleh lembaga Nielsen. Survey ini diberi judul  Nielsen on Device Meter.  Survey dari lembaga Nielsen ini dilakukan pada akhir tahun 2013 lalu. Survey ini juga membahas tentang fungsi Smartphone yang tak hanya dimanfaatkan sebagai media atau perangkat untuk komunikasi saja, melainkan juga sebagai media hiburan.

Dari data survey Nielsen, disebutkan bahwa sekitar 62 menit setiap harinya, pengguna Smartphone di Indonesia menggunakan ponselnya untuk telepon, kirim sms, email, dan chatlive. Sedangkan untuk tujuan hiburan seperti bermain game dan konten media rata-rata waktu yang digunakan sekitar 45 menit setiap harinya. Adapun aktivitas lainnya seperti mencoba aplikasi-aplikasi baru yang baru saja di-download, pengguna Smartphone Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sekitar 38 menit setiap hari. Sementara itu, aktivitas browsing dengan menggunakan jaringan internet dilakukan sekitar 37 menit per-hari.

1. Pengguna Smarphone di Indonesia Rata-Rata Gunakan Smartphone 3 Jam Setiap Harinya 2

Nah, ada jenis aktivitas yang terbilang sangat jarang dilakukan oleh pengguna Smartphone di Indonesia, yaitu device management. Device management merupakan sebuah upaya untuk menjadikan kinerja ponsel pintar agar lebih efisien, aman, dan ringan. Seperti misalnya pemberian anti-virus, dan aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh ponsel pintar itu sendiri. Melihat antusiasme para pengguna Smartphone di Indonesia, diprediksikan bahwa di masa depan, ponsel pintar akan dimanfaatkan oleh penggunanya sebagai media pendukung pekerjaan dan rutinitas para penggunanya. Selain itu, Smartphone juga dapat  meningkatkan produktivitas para penggunanya khususnya mereka yang telah memiliki karir. Apalagi didukung oleh layar ponsel yang semakin besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan perangkat penunjang aktivitas kerja.

BACA JUGA

Android Motorola Moto G Hanya Bisa Dibeli Secara Online

Solusi Masalah Nyata Dengan Game

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *