OS Apple dari Masa ke Masa

By on June 11, 2013
OS-Apple-dari-Masa-ke-Masa-1

Sangat menarik sekali jika kita menyimak perkembangan OS dari Apple, salah satu brand terbesar dan terkenal di dunia dalam bidang teknologi dan gadget. Apple meluncurkan OSnya yang pertama pada tahun 1984, tepatnya tanggal 24 januari. Disini Apple mengenalkan sebuah sistem operasi yang bernama System 1. OS ini menggunakan tampilan grafis sederhana pada masa itu, yakni dengan warna yang klasik yaitu masih hitam-putih. Grafis yang digunakan kala itu adalah GUI. Grafis GUI ini kemudian menjadi pioneer dari terbentuknya perkembangan OS lainnya. Selanjutnya pada tahun 1986, di bulan Januari, Apple mulai merilis System 3. OS ini memiliki penampilan Ala Hirarki yang banyak ditemukan pada Mac OS dan Linux. Selanjutnya pada 13 mei 1991, Apple mulai mengenalkan OS baru yang bernama System 7.

Ketenaran OS system 7 ini ternyata sanggup untuk membuatnya bertahan lama. Terbukti dengan masa pakai OS ini yang digunakan sejak tahun 1991 hingga tahun 1997. Waktu yang cukup lama bagi sebuah OS untuk bertahan tentunya. Barulah kemudian pada bulan Januari tahun 1997, Apple mulai meluncurkan lagi OSnya yang bernama Mac OS 7.6. Ini adalah pertama kali Apple meluncurkan Sistem Operasi dengan nama Mac didalamnya. Dulu nama sistem operasi Apple kebanyakan diawali dengan kata “System”.

OS Apple Mencapai Puncaknya di Tahun 1997

Mac OS pun selanjutnya dikembangkan lagi pada tanggal 22 Juli 1997. Disini Mac OS 8 diluncurkan ke publik. Adanya versi terbaru ini juga menjadi pertanda munculnya kembali Steve Jobs di Apple. Beliau sebelumnya dipecat dari perusahaan ternama ini. Data menunjukan bahwa Mac OS 8 sanggup meraih popularitas yang hebat di dunia. OS ini mampu terjual dengan jumlah 3 Juta copy dalam kurun waktu singkat, yakni 6 bulan saja. Selanjutnya pada tahun 1999, masih dengan nama yang sama, dirilislah Mac OS yang merupakan transisi dari versi 8. Apple terus mengembangkan OS Mac yang mereka miliki secara terus menerus di tahun 2000 dan 2002. Pada tahun 2000 dirilislah OS X. Sebuah versi sistem operasi terbaru dengan tampilan yang lebih elegan. Semengara itu di tahun 2002 Mac OS X 10.2 dikenalkan ke publik dan dikenal dengan nama Jaguar.

OS Apple yang Terkenal

OS-Apple-dari-Masa-ke-Masa-2

Tahun 2005 Apple kembali mengeluarkan Mac OS X dengan tipe 10.4. Selanjutnya di tahun 2007, dikenalkan Mac OS X 10.5 yang memiliki fitur berupa Time Machine dan Cover Flow pada bagian Findernya . Tanggal 20 Juli 2011, Mac OS Lion kemudian diliris dengan lebih dari 250 fitur baru. Setahun kemudian muncul lagi Mac OS X 10.8 atau yang populer dikenal dengan OS X Mountain Lion pada tanggal 16 Februari 2012. Tahun ini dikabarkan Apple akan mengeluarkan produk OS lebih baru lagi, yakni OS Maverick.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *