Nikmati Virtual Reality Murah dengan Headset VR Google

By on February 14, 2016
3. Nikmati Virtual Reality Murah dengan Headset VR Google 1

Sebelumnya, Google berhasil membuat geger dunia gadget dengan meluncurkan produk bernama Google Cardboard. Produk ini merupakan Headset Virtual Reality (VR) yang dapat memberikan penggunanya pengalaman seperti masuk ikut masuk dalam film atau tampilan yang mereka lihat. Namun, yang membuatnya menarik, headset VR Google ini terbuat dari bahan kertas karton. Pengguna hanya perlu merangkainya dan memasang Smartphone dengan aplikasi Cardboard untuk melihat tampilan VR.

Dan, yang terbaru, Google juga sedang mengerjakan proyek baru yang juga berhubungan dengan teknologi VR ini. Namun, produk baru ini sangat berbeda dengan produk sebelumnya, yaitu Cardboard. Bila produk Cardboard membutuhkan Smartphone untuk dapat menikmati tampilan VR, proyek terbaru dari Google ini tidak akan menggunakan Smartphone maupun aplikasi khusus.

Menurut informasi dari Techradar yang dilansir pada Jumat, 12 Februari 2016, headset VR yang dikerjakan Google berjumlah dua macam. Keduanya dapat digunakan tanpa harus dihubungkan ke gadget lain, seperti Smartphone, komputer atau konsol game.

Dan, bahan yang digunakan juga berbeda dengan headset VR sebelumnya, yaitu Cardboard. Headset VR terbaru ini kemungkinan akan menggunakan bahan yang sama seperti headset dari perusahaan lain.

Namun, hal paling menarik dari headset terbaru ini adalah kemampuannya digunakan tanpa harus dihubungkan dengan perangkat lain. Bila headset VR Google ini memang benar-benar dapat berfungsi seperti ini, maka dapat dipastikan headset ini akan laris manis dipasaran.

Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati VR tentu akan lebih murah dengannya. Dan, meskipun dibandingkan dengan Cardboard harga produk ini akan lebih mahal, tetapi bila dibandingkan dengan produk headset VR lainnya, tentu pengguna dapat menghemat banyak uang.

Contoh mudahnya adalah headset VR buatan Oculus, yaitu Oculus Rift. Headset ini dijual dengan harga US$ 599 atau sekitar Rp. 8 jutaan untuk satu unit headset saja. Untuk dapat menikmati tampilan Virtual Reality, pengguna juga harus membeli komputer yang dengan spesifikasi sesuai. Harga komputer dengan spesifkasi yang cocok dapat mencapai US$ 1.000 atau sekitar Rp. 13 juta.

Headset VR terbaru buatan Google ini dikabarkan akan memiliki prosesor sendiri, layar serta kamera di bagian luar. Kemungkinan besar, kamera inilah yang berfungsi untuk menangkap gambar dari perangkat yang Anda gunakan. Gambar yang ditangkap ini nantinya akan diolah menjadi tampilan Virtual Reality yang dapat dinikmati melalui layar yang ada di headsert ini.

Belum ada informasi kapan Google akan meluncurkan produk ini. Kemungkinan besar, headset VR Google ini akan tersedia pada akhir tahun ini. Jadi, bila Anda tertarik untuk mencoba VR dengan biaya lebih murah, mungkin Anda harus bersabar dan menunggu hingga Google benar-benar merilis produk inovatif ini.

Virtual Reality

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *