Mobil Pintar Google Tak Perlu Supir

By on May 31, 2014
1. Mobil Pintar Google Tak Perlu Supir 1

Setelah sekian lama hanya sebatas rumor dan isu yang tak jelas, Google kembali membuat kejutan dengan meluncurkan perangkat yang yang tidak biasa. Kali ini bukan perangkat smartphone maupun kacamata canggih, namun sebuah mobil. Ya, Google meluncurkan sebuah mobil yang bisa dibilang baru satu-satunya di dunia karena mobil ini mempunyai fitur teknologi yang sangat canggih karena mobil pintar Google ini tidak memerlukan supir untuk berjalan. Dan karena tidak ada supirnya maka mobil ini juga tidak mempunyai kemudi, akselerator dan bahkan pedal rem.

Mobil yang dibuat agar bisa self-driving atau mengemudi sendiri ini memang baru prototipe atau masih dalam taraf ujicoba, namun percobaan yang dilakukan oleh Google ini sudah sangat mengejutkan dunia. Pada saat Google pamer teknologi mobil tanpa supir ini, Google memamerkan sebuah mobil dengan dua kursi dan langsung diresmikan oleh CEO Google Sergey Brin di California. Dengan peluncuran prototipe ini Google berharap suatu saat teknologi mobil tanpa supir ini bisa diproduksi secara massal untuk keperluan umum.

Mobil pintar Google ini digerakkan dengan kendali komputer dan chip yang terpasang didalam mobil. Mobil berjalan berdasarkan sensor dan juga perintah-perintah yang diberikan secara digital. Google berkata bahwa mobil tanpa supir ini dikembangkan tidak dengan tergesa-gesa dan sembarangan karena tim pengembangan di Google telah mengamati berbagai aspek design dan juga keselamatan karena tujuan pembuatan mobil otomatis ini adalah menciptakan mobil tanpa supir yang lebih aman dari mobil yang dikendalikan secara manual.

Desain dasar mobil tanpa supir ini adalah menggantungkan keselamatan pada sensor yang akan memerintah mobil untuk menghindar jika ada halangan dan lagi mobil ini baru bisa berjalan dengan kecepatan 25 mil perjam sehingga sensor mempunyai banyak waktu untuk memberikan periintah menghindar. Memang mobil ini masih banyak memerlukan perbaikan karena jarang ada orang yang mau berjalan hanya 25 mil perjam saja.

Google tak main-main dengan mobil pintarnya tersebut. Dikabarkan bahwa mobil pintar Google ini telah diuji selama 700 ribu jam sejak tahun 2009 yang lalu. Pengujian ini dimaksudkan agar mendapatkan bentuk yang pas dan sempurna serta teknologi yang terbaik untuk diterapkan. Selain fitur pengendalian sendiri, mobil pintar buatan Google juga dilengkapi dengan peta yang telah dibuat Google.

Mobil tersebut mampu membaca peta dan bahkan bisa membaca tingkat kemacetan di jalan raya, berbagai rambu, tanda berhenti, mendeteksi trotoar,  dan membedakan antara marka jalan yang berwarna kuning dan putih. Dengan kemampuan tersebut, mobil besutan Google ini akan lebih patuh kepada rambu-rambu lalulintas daripada mobil yang dikendarai oleh manusia. Rencananya Google akan meluncurkan mobil ini tahun 1017 mendatang.

mobil pintar, mobil google, teknologi, smart car, google

BACA JUGA:

Mobil Tanpa Sopir Diuji Coba oleh Google

Jam Tangan Bradley Timepiece – Jam Tunanetra

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *