Mobil Jaman Sekarang Gampang di Hack

By on July 28, 2013
Mobil Jaman Sekarang Gampang di Hack-1

Mengingat banyak sekali mobil yang difasilitasi dengan perkakas komputerisasi saat ini, bukanlah hal yang mustahil jika hal ini bisa menjadi berbahaya karena besar kemungkinan ada orang yang akan melakukan hack pada mobil Anda. Komputerisasi memang akan membuat mobil yang Anda miliki makin canggih dan juga secara otomatis mengikuti perintah pengemudinya.

Sayangnya hal ini juga memberikan kelemahan pada mobil itu sendiri. Saat ini sudah banyak kasus mobil yang terkena serangan hack dari orang-orang yang tidak jelas dari mana asalnya. Mereka yang melakukan hack ini tentu saja akan merugikan pemilik mobil karena akan membuatnya berfungsi secara abnormal nanti.

Hal ini juga ditegaskan oleh Direktur Ontelejen IOactive, Chris Valasek, yang mengatakan bahwa saat ini banyak sekali mobil on-board yang mudah untuk dibajak oleh orang-orang tertentu.

Banyak Mobil yang Menggunakan Sistem On Board

Chris juga menmambahkan bahwa fitur mobil yang menggunakan komputerisasi sebenarnya sudah diberlakukan di Amerika sejak tahun 1996. Mobil yang menggunakan On Board computer dikatakan sebagai mobil yang canggih dan mudah untuk digunakan.

Masalahnya jika mobil tersebut sudah terlanjur dihack, maka mobil tersebut akan menjadi makin bermasalah dan terkadang perlu memprogram ulang fitur computer yang ada di mobil tersebut. Namun demikian, perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat banyak para ahli teknologi yang kemudian menciptakan program pengaman fitur komputerisasi mobil dari hacker.

Dengan adanya program tersebut, diharapkan hacker akan tidak bisa melakukan aktivitasnya yang merugikan itu lagi.

Hacker Mobil Memberikan Dampak yang Merugikan

Mobil Jaman Sekarang Gampang di Hack-2

Umumnya, mobil yang dilengkapi dengan fitur komputerisasi akan mampu untuk melakukan aktivitasnya sendiri secara otomatis, misalnya membunyikan klakson sendiri, menghidupkan dan mematikan lampu sendiri dan lain sebagainya.

Bayangkan saja jika ada hacker yang berbuat usil dengan mobil komputerisasi Anda tersebut, pastinya mobil itu nanti akan beraktivitas di momen yang tidak tepat. Para intelejen berpendapat bahwa ulah para hacker ini sebenarnya hanya dikarenakan mereka ingin usil saja.

Sayangnya ada beberapa hacker yang melakukan hal ini untuk merugikan satu pihak misalnya melakukan rencana perampokan mobil dan lain sebagainya. Dilihat dari tujuan sang hacker ini, tentu saja hal ini harus diwaspadai oleh para pemilik mobil.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Washington, ternyata terbukti bahwa seorang hacker dapat menyusup ke berbagai media elektronik control yang mana salah satunya adalah kedalam komputer mobil.

Ini menunjukan bahwa ulah para hacker ini sangatlah merugikan. Para hacker juga makin mudah lagi untuk menjalankan aksinya karena banyak mobil yang saat ini menggunakan sistem Bluetooth untuk melakukan transfer data.

Dengan adanya media ini justru malah membuat para hacker main merajalela sebenarnya. Namun demikian, para insinyur dan peneliti dunia akan berupaya sebaik mungkin untuk mengatasi hacker yang berulah tersebut dengan memberikan perlindungan yang mutakhir bagi mobil dengan fitur komputerisasi.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *