Mengenal Istilah Twitter Buzzer

By on June 18, 2013
Mengenal-Istilah-Twitter-Buzzer-1

Twitter memang telah menjadi salah satu sosial media paling populer saat ini. Jumlah penggunanya sudah sangat besar dan tersebar di seluruh dunia. Meski ada banyak sosial media yang serupa, namun Twitter tetap memiliki tempat tersendiri. Inilah yang menjadikan Twitter sebagai salah satu sosial media yang sangat bermanfaat baik untuk berbagi ide, informasi ataupun sebagai sarana promosi. Pengguna Twitter asal Indonesia jumlahnya juga sudah sangat besar. Hingga tahun 2013 ini diperkirakan jumlah pengguna Twitter asal Indonesia sudah mencapai angka 30 juta orang. Angka yang sangat besar ini tentu sangat menggiurkan bagi brand-brand yang ingin mempromosikan merknya. Untuk beriklan di Twitter, ada salah satu sarana di Twitter yang disebut dengan Buzzer. Lantas apa yang dimaksud dengan buzzer ini? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ulasannya.

Akun Spesialis Promosi

Sebenarnya buzzer adalah sebutan untuk akun Twitter yang memiliki follower sangat besar. Biasanya buzzer ini juga memiliki ceruk pasar tertentu. Ceruk pasar yang umum dipilih oleh para buzzer ini diantaranya adalah persoalan cinta, tips kencan, rahasia pria dan wanita ataupun quote bijaksana. Jumlah follower yang sangat besar ini tentunya menjadikan akun-akun tersebut sebagai selebtwit. Tugas yang dipercayakan kepada akun-akun tersebut biasanya terkait dengan memberikan rekomendasi ataupun product knowledge mengenai produk yang mereka promosikan melalui akun Twitter mereka. Dalam melaksanakan aksinya, biasanya Twitter buzzer ini akan memberikan mention ke akun brand dan menginformasikan terkait dengan brand tersebut. Namun brand saat ini tidak hanya memilih buzzer yang memiliki ribuan hingga jutaan follower. Bagi brand-brand tersebut, asalkan akun tersebut memiliki tweet yang khas dan memiliki follower yang loyal, maka akun tersebut layak menjadi buzzer.

Hal-Hal yang Menarik tentang Buzzer

Mengenal-Istilah-Twitter-Buzzer-2

Setiap akun Twitter buzzer pasti memiliki ceruk pasar tertentu. Jumlah followernya juga memilik karakteristik usia tertentu. Sebagai contoh untuk buzzer masalah percintaan, pasti akun tersebut memiliki follower dengan range usia remaja. Range usia ini tentunya akan sangat berguna untuk mempromosikan jasa ataupun produk yang berhubungan dengan remaja. Gaya bahasa buzzer yang unik biasanya juga memiliki banyak follower. Hal ini biasanya sangat bermanfaat untuk memudahkan komunikasi antara buzzer dengan audiensnya. Untuk tipe buzzer seperti ini, biasanya para brand tidak akan terlalu mengekang atau memberikan batasan yang cukup banyak.

Karena secara tidak langsung tugas buzzer adalah melakukan branding ataupun promosi, maka ia juga harus mampu berperan sebagai brand ambassador yang ia wakili. Untuk itu seorang buzzer harus memahami produk ataupun brand yang ia iklankan. Hingga saat ini ada banyak Twitter Buzzer Indonesia. Selain berangkat dari golongan selebritis yang notabene memiliki jumlah follower yang besar, buzzer Indonesia juga berasal dari perusahaan yang memang bergerak dalam branding.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *