Mengenal Beberapa Teknologi dalam Film

By on April 11, 2013
17.-Mengenal-Beberapa-Teknologi-dalam-Film

17.-Mengenal-Beberapa-Teknologi-dalam-Film

Tentunya banyak orang yang senang saat melihat film. Namun pernahkan Anda berfikir sebenarnya teknologi apa saja yang ada dalam dunia perfilman? Saat ini ada banyak sekali jenis film yang diproduksi mulai dari film animasi hingga film yang melibatkan aktor dan aktris yang sebenarnya. Jenis film animasi sendiri juga beragam. Ada animasi clay, animasi 3D dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari teknik pembuatannya, akan ada banyak sekali kategori yang akan membuat penonton pusing dibuatnya. Akan tetapi sebagai penikmat film, ada baiknya mengenal beberapa teknik ataupun teknologi yang digunakan pada film modern.

Teknologi CGI

Sebenarnya apa itu teknologi CGI? Teknik CGI atau teknik Computer Generated Imagery sebenarnya merupakan teknologi pembuatan film yang memanfaatkan aplikasi komputer. Aplikasi yang disebut CGI inilah yang memungkinkan pembuat film mampu menciptakan gambar 3D yang dilengkapi dengan berbagai efek yang dikehendaki. Secara lebih spesifik, ada banyak aplikasi CGI yang saat ini banyak digunakan. Beberapa diantaranya adalah Art of Illusion, Blender, Maya dan masih banyak lagi.

Salah satu film yang menggunakan teknologi CGI ini diantaranya adalah film Avatar. Pada film tersebut tentu Anda bisa memperhatikan bahwa bangsa Na’vi yang berwarna biru itu tampak seperti animasi. Akan tetapi yang menarik disini adalah gerakan animasi tersebut terlihat sangat natural. Inilah salah satu penerapan teknologi CGI. Untuk memperoleh hasil terbaik, teknik pembuatan film dengan menggunakan teknologi CGI memang membutuhkan perangkat hardware yang sangat tangguh. Karena itulah tidak mengherankan jika film yang dibuat dengan teknologi ini membutuhkan dana yang sangat besar.

Teknologi CGI ini kini telah banyak digunakan bahkan tidak hanya pada industri perfilman saja. Industri periklanan juga sudah banyak yang menggunakan teknologi ini. Berkat teknologi dalam film yang satu ini, animasi yang dibuat terkesan lebih hidup dan lebih nyata. Meski memang ada juga beberapa perusahaan perfilman yang sengaja membuat animasi 3D dengan model yang sangat kartun agar tampak lebih menghibur.

teknologi-film-2

Teknik Stop Motion

Teknik pembuatan film animasi lain yang sangat legendaris dan masih eksis sampai sekarang adalah teknik stop motion. Secara sekilas pembuatan film animasi dengan teknik ini memang tampak sederhana. Yang dilakukan hanyalah mengambil beberapa gambar dan menyatukannya sehingga tampak seperti objek yang sedang bergerak. Akan tetapi pada level saat ini, teknik stop motion berkembang menjadi semakin rumit. Salah satu film animasi yang menggunakan teknologi ini adalah Shaun the Sheep. Pada film ini tentu Anda bisa memperhatikan bahwa ada gerakan-gerakan yang terkesan kaku. Inilah cirri-ciri film yang dibuat dengan teknik stop motion. Peralatan yang digunakan untuk mengambil gambar biasanya hanya berupa kamera gambar, bukan kamera video. Setiap gerakan difoto dan kemudian disusun sehingga menjadi gerakan utuh.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *