Mencari Informasi Di Twitter Dengan Mesin Pencari Topsy

By on September 9, 2013
4. Mencari Informasi Di Twitter Dengan Mesin Pencari Topsy 01

Dokumen digital dapat menjadi solusi yang mudah, praktis dan sekaligus mudah dikelola. Ada banyak dokumen digital yang sepertinya sepele namun dapat menjadi hal yan penting dan berguna, salah satunya adalah tweet dari seorang pengguna Twitter di masa yang telah lampau.

Pernyataan atau informasi yang dimuat dalam sebuah tweet seseorang di masa lalu dapat menjadi informasi yang sangat berguna pada saat ini, namun pencarian tweet yang telah lampau bukanlah merupakan hal yang mudah. Banyaknya pengguna jejaring sosial yang didirikan oleh Jack Dorsey serta derasnya aliran tweet baru yang menggeser sebuah tweet ke urutan atau halaman selanjutnya membuat proses pencarian sebuah tweet dari seorang Tweeps yang telah lampau menjadi sebuah pekerjaan yang sangat sulit.

Mesin Pencari Yang Mampu Mengindeks Twitter

Dalam sebuah berita yang dimuat oleh New York Times pada hari Rabu, 4 September silam, pencarian tweets di masa lalu yang dianggap sulit tersebut telah memiliki sebuah solusi. Setelah sebelumnya Twitter menyediakan mesin pencari tersendiri, namun dalam praktenya sangat sulit untuk digunakan dan didapatkan manfaatnya untuk menemukan data atau informasi dari kicauan Twitter di masa lalu yang sesuai dengan tujuan pencarian.

Adalah mesin pencari Topsy yang dapat dikatakan sebagai solusi pencarian tweet di masa lalu, mesin pencari ini mampu mengindeks semua tweet yang pernah dimuat di Twitter sejak pertama media sosial ini diluncurkan pada tahun 2006 yang lalu.

Dengan jumlah indeks hingga lebih dari 425 miliar yang terdiri dari foto, teks hingga tautan internet yang pernah termuat dalam Twitter, Topsy menjadi satu – satunya mesin pencari yang dapat mengindeks Twitter secara lengkap pada saat ini. Sebelumnya, Topsy hanya mampu mengindeks Twitter hingga tahun 2010 saja.

Penggunaan mesin pencari ini juga cukup mudah dan hasil pencarian yang ditemukan juga cukup mudah dikelola, hasil pencarian dari Topsy dapat diatur jangka waktu pencariannya hingga hitungan jam. Hasil pencarian berupa video dan foto juga dapat ditampilkan secara terpisah untuk memudahkan pengguna memanfaatkan informasi yang didapat dari mesin pencari ini.

Kegunaan Topsy Untuk Penelitian

Dengan kehadiran mesin pencari khusus untuk Twitter, maka informasi yang pernah termuat di media ini dapat diteliti. Topsy juga memberikan fungsi pencarian yang lebih spesifik untuk keperluan penelitian ataupun kebutuhan lain dengan berlangganan seharga 12.000 dolar Amerika Serikat selama satu tahun.

Dengan berlangganan, pengguna Topsy dapat melakukan pencarian lebih detail seperti melakukan pencarian tweet dari pengguna di wilayah geografis tertentu ataupun tweet tertentu yang pernah menjadi trending topic dalam interaksi sosial pengguna Twitter di masa lalu. Sebelum munculnya Topsy, Google sempat membuat perjanjian untuk membuat mesin pencari yang mampu mengindeks Twitter namun hingga saat ini mesin pencari tersebut belum dapat direalisasikan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *