Memanfaatkan Google Person Finder untuk Menemukan Orang Hilang

By on April 18, 2013
gpf-2

gpf-1

Kemajuan teknologi memberikan berbagai kemudahan bagi manusia untuk melakukan banyak hal. Pada hakekatnya, semua bentuk temuan teknologi memang dimaksudkan untuk menyelesaikan kesulitan dan memberikan lebih banyak kemudahan bagi manusia yang menggunakan teknologi tersebut. Kemampuan teknologi untuk menyimpan data dan informasi serta mengaksesnya kembali dengan cepat memberikan begitu banyak manfaat.

Beberapa produk teknologi modern menjadi begitu populer karena memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dan menemukan orang lain, salah satunya adalah jejaring sosial. Namun masih ada produk teknologi lain yang memang didesain untuk memudahkan penggunanya menemukan seseorang. Google meluncurkan layanan Google Person Finder yang memberikan kemudahan mencari dan menemukan seseorang.

Apa itu Google Person Finder?

Google Person Finder adalah sebuak aplikasi buatan Google yang memberikan layanan mendaftar dan menyampaikan pesan secara terbuka kepada semua orang setelah terjadinya bencana alam yang mengakibatkan banyak orang kehilangan sanak saudara. Layanan ini adalah sebuah aplikasi open source, dibuat pada tahun 2010 setelah kejadian gempa bumi hebat di Haiti sehingga banyak orang kehilangan kontak dan tidak mengetahui keberadaan keluarga ataupun teman setelah bencana alam tersebut. Aplikasi ini ditulis dalam bahasa pemrograman Phyton dan dapat diakses pada Google App Engine, aplikasi ini menggunakan basis data dengan berdasarkan People Finder Interchange Format atau PFIF yang dikembangkan sejak terjadinya bencana alam badai Katrina pada tahun 2005.  PFIF dikembangkan untuk keperluan Katrina PeopleFinder Project pada waktu itu.

Google Person Finder seringkali dijadikan dalam satu paket dalam website pengangan krisis di website Google. Biasanya aplikasi ini hadir dalam 2 atau beberapa bahasa. Salah satu peluncuran Google Person Finder yang terbaru adalah ketika terjadi pemboman pada acara marathon di Boston 15 April lalu. Dua bom meledak pada acara tersebut hingga menewaskan 3 orang dan mencederai kurang lebih 200 orang lainnya.

gpf-2

Google Person Finder untuk Tragedi Bom Marathon di Boston

Google Person Finder memberikan manfaat yang sangat banyak bagi mereka yang terpisah dengan keluarga ataupun teman sesaat setelah kejadian tersebut. Dengan bantuan aplikasi ini, banyak orang kembali dapat berkumpul dengan saudara dan teman dengan cepat sesaat setelah aplikasi diluncurkan. Aplikasi Google Person Finder telah melacak lebih dari 4.900 nama orang yang berada di lokasi kejadian, informasi ini dapat menjadi informasi yang sangat berguna untuk menemukan mereka yang terpisah dengan teman atau saudara sesaat setelah terjadinya peledakan bom.

Google juga menyediakan informasi untuk menghubungi polisi, palang merah dan juga saluran khusus guna melakukan pencarian terhadap orang hilang setelah kejadian peledakan bom di lomba lari maraton Boston yang lalu. Cara kerja aplikasi ini sangat mudah, seseorang yang ingin mencari orang lain cukup mengetik nama lengkap pada kolom yang tersedia di aplikasi dan Google Person Finder akan segera melacak dan memberikan informasi yang tersedia.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *