Masih Percaya Mitos Komputer Ini?

By on January 8, 2014
Computer training

Dunia komputer identik dengan modernitas dan segala hal yang berhubungan dengan teknologi. Akan tetapi, rupanya masih ada saja mitos yang dipercaya oleh banyak orang mengenai komputer. Yang namanya mitos acapkali belum mempunyai pembuktian mengenai kebenaran mitos tersebut. Namun demikian, banyak orang yang masih saja mempercayai mitos komputer berikut ini.

Anda mungkin merupakan satu dari sekian banyak orang yang percaya bahwa mendekatkan komputer dengan benda yang bersifat magnetis akan menyebabkan masalah pada komputer seperti gambar yang terdistorsi khususnya pada monitor CRT lawas. Jika Anda meletakkan magnet dengan jarak yang sangat dekat, perubahan warna hingga kemunculan garis bisa terjadi di dalam monitor tersebut.

Ada pula mitos yang mengatakan bahwa magnet yang didekatkan pada komputer bisa menghapus data yang tersimpan pada hard disk, SD card, dan flashdisk. Hal ini sebenarnya hanya bisa terjadi jika magnet mempunyai daya yang kuat, tetapi kerusakan yang terjadi hanya berupa data corrupt tanpa mampu menghapusnya dari media penyimpanan komputer.

Anda mungkin masih percaya mengenai kewajiban untuk menyetel Screen Saver pada komputer, tetapi hal ini hanya perlu dilakukan jika Anda masih menggunakan komputer model lawas khususnya yang menggunakan monitor monokrom yang sering terkena phosphor burnatau burn in. Kondisi tersebut menunjukkan kondisi monitor yang berubah warna secara permanen sehingga fitur Screen Saver ditambahkan untuk mencegah kondisi tersebut. Jika Anda menggunakan komputer dengan monitor LED atau LCD yang tidak mempunyai fosfor yang akan terbakar, Screen Saver tidak lagi dibutuhkan karena justru memperbesar konsumsi daya.

komputer, laptop, mitos komputer, pc, teknologi

Banyak pengguna laptop yang percaya mitos komputer mengenai baterai yang akan rusak jika diisi ulang terlalu lama. Mitos ini berlaku jika laptop Anda masih menggunakan baterai nikel sementara kebanyakan laptop anyar biasanya dilengkapi dengan baterai Lithium yang tidak bermasalah dengan charging lama karena mempunyai kepadatan energi yang paling baik tanpa disertai efek memori.

Komputer memang rentan dengan serangan virus, tetapi Anda mungkin sudah merasa aman jika memasang lebih dari satu anti virus. Akan tetapi, menjalankan dua program anti virus dalam satu komputer justru bisa menyebabkan crash pada komputer akibat perebutan proseson access scanner kedua antivirus tersebut. Proses dobel tersebut juga akan menguras RAM komputer sehingga terjadi inefisiensi performa komputer.

Jika Anda masih tergoda untuk membeli kacamata antiradiasi karena percaya pada mitos mengenai radiasi komputer yang berbahaya, Anda perlu berpikir ulang karena komputer modern umumnya memancarkan gelombang elektromagnetik level rendah sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan. Anda juga perlu berhenti percaya mengenai mitos komputer mengenai menyegarkan performa komputer dengan me-refresh-nya karena tidak terjadi perubahan berrarti pada jeroan komputer termasuk RAM. Mitos mengenai program berbayar yang lebih bagus dariprogram gratis hanya berlaku untuk program tertentu. Banyak orang percaya bahwa mereka harus mengupgrade software terbaru, tetapi hal ini bukan hal wajib.

komputer, laptop, mitos komputer, pc, teknologi

About

One Comment

  1. baho punya

    January 20, 2014 at 6:55 pm

    waah selama ini saya jd salah paham berarti tentang komputer
    thanks admin buat infonya
    :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *