Manfaat Video Game untuk Kesehatan dan Tips Bermain Game

By on May 10, 2013
Manfaat-Video-Game-untuk-Kesehatan-dan-Tips-Bermain-Game-2

Seiring dengan berkembangnya teknologi, berkembang pula beragam jenis perangkat yang dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Tidak hanya beragam jenis perangkat untuk berkomunikasi, maupun bekerja tetapi juga perangkat hiburan yang cukup menarik untuk merelaksasikan pikiran kita. Beragam jenis perangkat hiburan sangat beragam saat ini, baik itu berupa hiburan musik, audio visual, maupun berupa perangkat untuk bermain game.

Bagi para pecinta game, tentu saja hiburan dengan bermain game adalah hal yang sangat dinikmati untuk menjernihkan pikiran. Selain itu juga sebagai penghilang rasa jenuh dan juga penat. Meskipun demikian, banyak orangtua yang merasa terganggu jika putra-putrinya sering bermain game. Namun, tahukah Anda manfaat video game untuk kesehatan? Sebetulnya, video game memiliki beragam dampak positif selain juga dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Untuk itulah, orangtua perlu bersikap lebih bijak dalam melihat hal ini, meskipun orangtua juga perlu memberikan bimbingan pada anak serta memonitor anak saat bermain video game. Ada beragam jenis game yang mungkin dapat dimainkan, selian itu juga ada beragam perangkat video game yang dapat membuat permainan game lebih menarik lagi.

Beragam Manfaat dan Kegunaan Video Game bagi Kesehatan

Seperti hal lain yang pasti memiliki dampak buruk dan juga dampak negatif, bermain video game pun juga memiliki beberapa dampak buruk dan baik. Dampak buruknya, tentu saja jika kita tidak bisa membagi waktu maka waktu kita akan lebih tersita untuk bermain video game dan melupakan berbagai hal penting lainnya, misal bekerja, belajar, dan melakukan aktivitas lainnya. Sedangkan manfaat video game untuk kesehatan beragam.

Pertama, bermain video game dapat menjadi terapi bagi anak dengan penyakit kronis. Selain itu, untuk anak usia 3-5 tahun dapat membantu meningkatkan sistem motoriknya. Bermain video game juga dapat memberi efek menghilangkan rasa sakit, depresi, dan juga stres. Selain itu, bermain game dapat meningkatkan ketangkasan kita sepertu game Angry Birds yang dapat meningkatkan konsentrasi. Kemampuan merespon sesuatu pun dapat menjadi lebih meningkat dengan bermain game. Bermain game juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kita dalam pengambilan keputusan. Kemudian, di masa depan juga dapat memberikan rasa bahagia di masa tua. Selain itu, bagi anak-anak, bermain game secara benar dapat membantu meningkatkan IQ mereka. Karena dapat menghilangkan stres, video game dapat menjauhkan dari beragam jenis penyakit.

Tips dalam Bermain Video Game

Manfaat-Video-Game-untuk-Kesehatan-dan-Tips-Bermain-Game-1

Setelah kita membahas mengenai beragam manfaat video game untuk kesehatan, tentu saja kita perlu tahu bagaimana bermain game dengan tepat, sehingga kita terhindar dari dampak negatifnya dan memperoleh dampak positifnya. Tips pertama dalam bermain video game ialah perhatikan waktu bermain game. Pilihlah waktu senggang dan juga waktu luang. Batasi waktu untuk bermain game. Jangan lupa juga untuk selalu memilih jenis game yang sesuai seperti game yang cocok untuk anak atau usianya. Selain itu, pilihlah perangkat game yang tepat agar tidak merusak penglihatan kita, dan juga variasi game lebih beragam.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *