Layar OLED Samsung Akan Sambangi iPhone

By on April 19, 2016
2. Layar OLED Samsung Akan Sambangi iPhone 2

Beberapa waktu yang lalu, terkuak kabar mengenai kerjasama antara Apple dan Samsung. Mereka bekerjasama bukan untuk menciptakan produk baru, tetapi untuk penyediaan layar OLED untuk Apple. Seperti diketahui, Samsung sudah mengaplikasikan teknologi layar OLED pada produk-produk mereka sebelumnya. Bila Anda pengguna produk Samsung, Anda pasti sudah akrab dengan fitur produk Samsung, yaitu teknologi AMOLED dan inilah layar OLED yang digunakan Samsung tersebut.

Apple sendiri menjalin kerjasama dengan Samsung untuk penyediaan layar OLED dengan kerjasama senilai lebih dari US$ 2,59 miliar. Berdasarkan informasi dari Korean Herald yang dimuat dalam 9to5mac, pada Minggu, 17 April 2016, kontrak kerjasama dengan nilai sekitar Rp. 34 triliun ini akan berlangsung selama 3 tahun.

Berdasarkan informasi ini, diperkirakan Samsung akan menjadi penyedia layar untuk produk Apple yang akan dirilis pada tahun 2017 mendatang. Tetapi, terdapat pula kabar mengenai produk terbaru Apple yang akan dirilis tahun ini, iPhone 7. Seperti produk-produk Apple sebelumnya, dari sisi desain, tidak ada perubahan yang berarti. Apple selalu menyajikan sesuatu yang baru dari fitur maupun sistem yang mereka gunakan pada produk mereka.

Dan, dengan adanya kerjasama ini, kemungkinan, Apple akan menghadirkan inovasi baru untuk produk ini dari layar yang mereka gunakan. Hal ini juga diperkuat dengan kabar yang beredar mengenai Samsung yang akan memproduksi layar OLED sebanyak 100 juta unit untuk produk Apple. Layar yang mereka produksi akan berukuran 5,5 inci untuk produk iPhone terbaru.

Kabar inilah yang menjadi dasar perkiraan banyak pengamat, bila produk iPhone yang dimaksud adalah produk iPhone 7 ini. Jadi, ada kemungkinan bila layar OLED buatan Samsung akan hadir lebih cepat, tidak seperti informasi sebelumnya yang menyebutkan layar ini akan hadir pada tahun 2017 mendatang.

Tetapi, seperti produk-produk Apple sebelumnya, terdapat pula iPhone dengan ukuran layar 4,7 inci, seperti pada versi iPhone SE. Untuk ukuran ini, belum ada informasi apakah Samsung juga akan memproduksi layar OLED dengan ukuran ini.

Di lain sisi, Apple sebenarnya sudah ingin menggunakan layar OLED sejak beberapa tahun yang lalu. Hal ini disebabkan adanya banyak keunggulan yang ditawarkan oleh layar OLED itu sendiri dibandingkan dengan layar LCD yang saat ini masih digunakan Apple untuk produk iPhone mereka.

Layar OLED sendiri mampu menghadirkan warna yang lebih jelas, terang dan hidup. Warna hitam yang ditampilkan juga tampak lebih jelas dan hitam seperti kenyataan. Dan, fitur yang paling unggul adalah layar ini lebih ramah lingkungan.

Fitur ramah lingkungan ini terlihat dari penggunaan energi yang jauh lebih hemat daripada layar LCD. Selain itu, layar OLED juga dibuat dari bahan organik yang tentunya jauh lebih baik.

Layar OLED

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *