Kontroversi Google Glass Seharga Rp. 17 Juta

By on April 12, 2014
1. Kontroversi Google Glass Seharga Rp. 17 Juta 1

Google terus saja berinovasi dalam menciptakan gadget-gadget yang serba modern. Tidak puas dengan pencapaian yang sangat luar biasa produk android buatanya, layanan mesin pencari tercanggih, layanan email terbaik dan masih banyak sekali produk-produk yang telah sukses dibuatnya, Google masih menyempurnakan perangkat Google Glass-nya dan memutuskan akan merilis perangkat tersebut ke pasaran tidak lama lagi. Beberapa waktu yang lalu di California, Google akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Google Glass pada tangal 15 April mendatang.

Namun demikian masih banyak kontroversi Google Glass yang mesti diatasi oleh Google sebelum mereka benar-benar akan melepas perangkat canggih ini ke pasaran dunia. Kontroversi mengenai Google Glas tidak saja terbatas pada harganya yang diperkirakan kelewat mahal yaitu sekirar Rp. 17 juta namun masih banyak masalah selain itu. Kontroversi yang terjadi termasuk adanya penolakan dijualnya Google Glass ini ke pasaran karena dikhawatirkan akan mengganggu privasi orang-orang.

Seperti diketahui, Google Glass adalah sebuah perangkat yang berbentuk seperti kacamata (Glass) yang dilengkapi dengan kamera sehingga mempunyai kemampuan untuk menangkap gambar yang juga dilihat oleh mata sang pemakai. Gambar yang ditangkap tersebut kemudian akan diunggah kedalam internet dan bisa dilihat oleh banyak orang dengan fasilitas live streaming. Masyarakat Amerika menolak Google Glass ini karena mereka beranggapan bahwa kacamata ini berpotensi mengganggu privasi mereka.

google glass, gadget, online games, google

Sementara itu menanggapi kontroversi Google Glass ini, sebagian masyarakat yang lain berjanji bahwa jika mereka memiliki Google Glass mereka akan mempergunakannya dengan bijaksana dan tidak akan melanggar privasi orang lain. Terlebih lagi, sebenarnya Google Glass bisa dipergunakan dengan tujuan baik seperti dijadikan alat bantu reporter dalam menyampaikan berita secara live atau bisa juga dipergunakan sebagai alat standar untuk polisi dalam melakukan pengawasan.

Pihak Google sendiri sudah berupaya untuk mengurangi kontroversi Google Glass mengenai perangkat yang akan mereka jual tersebut dengan cara merilis perangkat tersebut secara terbatas pada tahap pertama peluncuran kacamata cerdas tersebut. Disebutkan bahwa penjualan perdana Google Glass yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 15 April nanti, hanya akan menjuak Google Glass dengan jumlah yang sangat terbatas dan penjualan tersebut akan disebut sebagai Explorer Program dari Google dan para pembeli akan mendapat layanan khusus dari Google.

Sistem pembelian yang akan dilakukan adalah dengan cara online, yaitu dengan mengklik tombol ‘Buy’ yang telah disediakan pada saat toko online buka tepat jam 9.00 waktu New York. Harga yang tercantum belum termasuk pajak dan produk Google Glass perdana ini akan tersedia dalam berbagai jenis dan warna frame. Sementara itu produk Google Glass untuk konsumen umum belum tahu kapan akan dirilis oleh Google ke pasaran.

google glass, gadget, online games, google, harga google glass

BACA JUGA:

Hati-hati. Google Glass Dijangkiti Spyware Tukang Intip

Siap-siap. Google Glass Segera Dijual Bebas

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *